Sitemap

Selasa, 15 Januari 2013

Resep Rainbow Cake Kukus - Kue Bolu Kukus Pelangi Istimewa

Resep Rainbow Cake bolu kukus dengan rasa enak dan lezat untuk cara membuat rainbow cake cukup mudah dengan penampilan kue layaknya pelangi penuh warna warni yang cerah sebagai sajian istimewa baik untuk perayaan atau kado spesial untuk ucapan ulang tahun dan juga berbagai acara yang lainnya. Rainbow Cake merupakan menu favorit dimana pada saat sekarang ini merupakan kue yang paling diminati oleh banyak orang di penjuru dunia karena keunikan bentuk dan rasanya.

Rainbow Cake ialah kue pelangi dengan warna warni yang cerah pada setiap bagian lapisannya. Dengan tampilan yang istimewa dan menggoda membuat Rainbow Cake semakin digemari oleh orang-orang khususnya penduduk di Indonesia. Rainbow Cake cocok juga untuk disajikan untuk menemani dan mengimbangi jenis kue kering seperti Kue Nastar Keju sehingga ada variasi menu kue yang berbeda.

Awal Penciptaan Rainbow Cake


Berawal dari kisah seorang mahasiswa bernama Kaitlin Flanery asal Amerika Serikat berusia 21 tahun ingin memberikan sesuatu yang istimewa kepada sahabat karib yang dimilikinya, oleh karena itu dia membuat kue dengan kreasi sendiri yaitu kue berlapis dengan warna warni terlihat seperti pelangi (karena sahabatnya menyukai pelangi).

Setelah itu Kaitlin bersama sahabat dan juga teman-temannya yang lain mencoba untuk mencicipi kue pelangi tersebut, lalu mereka bercerita pada blog yang mereka miliki masing-masing akan kue pelangi yang dicicipinya itu dengan rasa yang enak dan lezat.

Pada bulan Maret 2012 Rainbow Cake - Kue Pelangi akhirnya tersebar dan sampai pada acara program televisi terkenal "The Martha Stewart Show", pada acara tersebut dikupas tuntas cara membuat kue pelangi tersebut oleh Kaitlin yang telah diundang untuk mendemokan cara pembuatannya. Dari sinilah Rainbow Cake semakin tersebar luas dengan cepat dan sampai di Indonesia belakangan ini. Jadi semakin ramai berita mengisi dunia online internet, dimana di dunia selebritis di hebohkan dengan peterpan berubah nama menjadi Noah Band diawali keluarnya Ariel dari sarangnya dan kalau di makanan khususnya Kue sedang ramai yaitu Rainbow Cake.

Kue Pelangi Rainbow Cake dengan tampilan dan rasanya yang enak membuat semakin banyak peminatnya. Pada Rainbow bisa dibuat 3 lapisan, 7 lapisan warna atau kreasi sendiri yang lebih menarik.

Resep Rainbow Cake Kukus - Kue Pelangi Istimewa

Bagaimana cara membuat Rainbow Cake ? Bila sebelumnya telah dibahas mengenai Resep Kue Kering Lebaran maka berikut ini diberikan Resep Rainbow Cake yang enak rasanya dengan kelembutan dari dalam dan luar bila dinikmati ditambah tampilan yang menarik.

Bahan Rainbow Cake :
  • 200 gram tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 8 butir telur
  • 300 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt emulsifier
  • Pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu)
  • Buttercream Rainbow Cake ==>>
Cara Membuat Rainbow Cake :
  1. Menggunakan Mixer, Kocok 8 butir telur dan 300 gram gula pasir hingga tercampur rata dan halus. Lalu masukkan 1 sdt emulsifier, 1/2 sdt teh vanili bubuk dan 1/2 sdt garam. Kocok semua campuran hingga mengembang, setelah itu matikan mixer.
  2. Ambil sedikit adonan diatas lalu letakkan pada mangkuk kecil, campur dengan minyak goreng, aduk-aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
  3. Masukkan 200 gram tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan campuran adonan yang telah diberi minyak, dan aduk hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 6 bagian pada wadah yang berbeda, masing-masing bagian adonan beri pewarna makanan.
  6. Gunakan loyang ukuran 24 x 12 cm (atau sesuai keinginan), lapisi dengan kertas roti, beri olesan mentega tipis, baru tuang adonan ke dalamnya.
  7. Kukus adonan loyang selama 20 menit, angkat, dinginkan.
  8. Beri alas berupa kertas roti atau plastik lebar pada bagian bawah meja atau tempat yang Anda pakai untuk menyusun setiap adonan.
  9. Susun adonan dengan warna yang di inginkan sesuai selera. Beri olesan buttercream tipis pada setiap lapisannya.
  10. Bila sudah tersusun lalu tutupi semua bagian bolu dengan sisa buttercream.
  11. Untuk lebih menarik bisa diberi hiasan sesuka hati, misalnya ditambahkan strawberry diatasnya.
  12. Rainbow Cake Sudah Jadi dan siap di hidangkan dengan tampilan menarik dan rasanya pasti enak dan lezat pastinya.

==>>
Buttercream Rainbow Cake :

Bahan Buttercream :
  • 9 butir telur, diambil putihnya saja
  • 350 gram gula pasir
  • 500 gram butter/mentega tanpa garam
  • 2 sdt ekstrak lemon/air lemon segar
Cara Membuat Buttercream :
  1. Masak 9 putih telur dan 350 gram gula dalam panci kecil menggunakan api sedang. Kocok terus hingga gula mencair.
  2. Setelah gula mencair, pindahkan ke mangkuk lalu di mixer dengan kecepatan tinggi, hingga adonan menjadi dingin.
  3. Turunkan kecepatan mixer hingga sedang, masukkan mentega sedikit demi sedikit. Mixer terus hingga adonan tercampur rata, kira-kira 5 menit.
  4. Tahap Terakhir, tambahkan ekstrak lemon, masih menggunakan mixer aduk hingga tercampur rata.
  5. Matikan mixer, buttercream siap digunakan untuk Rainbow Cake.
Rainbow Cake bila mengikuti langkah-langkah diatas akan dihasilkan kue pelangi (Rainbow Cake) dengan rasa yang Enak dan Lezat untuk dinikmati dengan bisa dikreasikan untuk tampilan sesuai selera agar lebih istimewa. Bagi yang ingin mencoba menu lainnya sebagai hidangan di keluarga atau untuk berbagai acara ikuti resep donat kentang spesial yang empuk dan lembut untuk sajian istimewa bersama keluarga.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


2 komentar:

  1. Nyam-nyaaaaam,,nyaaaaamm.... jadi laper liat postingan mengenai kue, heeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kue rainbow cake mang bikin laper ... silahkan mencoba resep rainbow cake :)

      Hapus