Sitemap

Rabu, 05 Februari 2014

Ciri-ciri orang hamil - Gejala Awal tanda-tanda wanita hamil

Ciri-ciri orang hamil dalam hal ini mengetahui gejala awal tanda-tanda wanita hamil itu seperti apa saja yang dialami dan dirasakan oleh seorang wanita, yang pastinya akan adanya kesempatan untuk memiliki seorang anak baik laki-laki atau perempuan dan juga bisa saja anak kembar. Bagi seorang wanita pasti ingin mengetahui bilamana akan dapat buah hati hasil berhubungan dengan pasangan resmi dalam hal ini tentu suaminya, dimana tanda-tanda kehamilan merupakan saat yang paling dinanti oleh pasangan suami istri yang ingin memiliki seorang buah hati sebagai dambaan dalam berumah tangga.

Kehamilan dapat terjadi berarti menandakan pasangan suami isteri memiliki kondisi tingkat kesuburan normal yang baik. Informasi tanda-tanda kehamilan sudah seharusnya sudah diketahui oleh semua wanita agar bisa bertindak secara positif dalam menjaga kandungannya, hal tersebut dikarenakan beberapa wanita masih bingung antara tanda-tanda kehamilan dengan tanda-tanda sedang datang bulan atau menstruasi yang diantaranya ada kemiripan. Bila seorang wanita tidak mengetahui dan membedakan dengan baik tanda-tanda sedang hamil dengan menstruasi maka bisa menyebabkan keguguran bila ternyata sedang hamil.

Bila ternyata hamil maka harus beraktivitas dan menjaga konsumsi makanan yang baik yaitu makanan yang sehat bergizi seimbang dan tidak memakan yang tidak diperbolehkan selama hamil sehingga kandungan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari keguguran. Maka bagi seorang wanita sudah sepantasnya mengetahui ciri-ciri orang hamil agar bisa bertindak yang benar, ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat disetiap harinya dalam menjaga kondisinya dan kesehatan sang buah hati.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa wanita akan mengandung seorang buah hati ?

Bukti yang paling nyata dan benar untuk mengetahui kehamilan sebenarnya adalah dapat dilihat pada tes kehamilan (bisa menggunakan test pack atau cek ke bidan dan dokter kehamilan), namun tidak ada salahnya mengetahui beberapa tanda-tanda wanita hamil agar dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menjaga kandungan.

Berikut ini weblog telah memilih beberapa ciri-ciri wanita hamil yang akan dialami dan dirasakan oleh seorang wanita yang sedang hamil, tanda-tanda dibawah ini tidak semua dirasakan namun bila mengalami sebagian/beberapa diantaranya maka ada kemungkinan sedang hamil.
Ciri-ciri orang hamil - Gejala Awal tanda-tanda wanita hamil

Payudara membesar dan sensitif
Tanda-tanda kehamilan yang pertama bagi seorang wanita adalah payudara akan terlihat membesar yang disebabkan produksi hormon esterogen dan progesteron meningkat. Kondisi payudara juga terasa semakin lembut dan juga timbul rasa sensitif yang lebih tinggi dari biasanya sehingga akan terasa sakit atau nyeri bila dipegang. Puting susu ikut membesar dan warnanya makin gelap dan terkadang akan terasa gatal. Pembuluh Vena juga lebih terlihat akibat adanya penegangan pada payudara dan adanya aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen) dimana hormon tersebut diproduksi dalam mempersiapkan ASI oleh seorang wanita yang sedang hamil.

Mual dan Muntah
Kebanyakan wanita yang mengalami kehamilan akan merasa mual dan juga ingin muntah yang di picu peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba pada aliran darah dan juga pada saluran air kencing. Peningkatan hormon tersebut dapat mengakibatkan efek perih pada lapisan perut yang menimbulkan rasa mual, namun rasa mual ini akan hilang saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Sering kencing (buang air kecil)
Wanita hamil akan menjadi lebih sering buang air kecil dari biasanya yang disebabkan kandung kemih tertekan oleh janin yang tumbuh dan juga peningkatan sirkulasi darah. Keinginan untuk buang air kecil lebih sering dikarenakan juga kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine dan peningkatan hormon kehamilan.

Pusing - sakit kepala
Wanita hamil akan sering merasakan pusing dan juga sakit kepala yang diakibatkan oleh faktor fisik yaitu kelelahan, lapar, tekanan darah. Dan bisa juga diakibat secara emosional karena perasaan tegang dan depresi.

Rasa lelah dan mengantuk yang berlebihan
Rasa lelah dan juga sering mengantuk yang intensitasnya lebih banyak pada wanita hamil dikarenakan perubahan hormonal dan juga akibat kinerja beberapa organ vital yang meningkat seperti ginjal, jantung dan paru-paru. Organ-organ vital tersebut pada wanita hamil ada penambahan dikarenakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selain dalam mencukupi kebutuhan diri sendiri, selain itu usia kehamilan yang terus bertambah membuat perut semakin membesar dan tentu beban lebih berat.

Susah buang air besar (Sembelit)
Pada wanita hamil hormon progesterone meningkat yang mengendurkan otot-otot rahim dan juga otot dinding usus yang dapat menyebabkan susah buang air besar namun memiliki keuntungan yaitu penyerapan nutrisi yang lebih baik lagi.

Ingin buang air liur (meludah)
Pada wanita hamil trimester pertama akibat pengaruh adanya perubahan hormon estrogen mengakibatkan ingin meludah namun kondisi tersebut biasanya akan menghilang dengan sendirinya memasuki trimester kedua.

Temperatur suhu basal tubuh meningkat
Suhu tubuh basal berarti suhu terendah yang dicapai oleh tubuh dalam keadaan istirahat (tidur), pada wanita hamil akan meningkat selama terjadinya kehamilan.

Munculnya bercak darah atau flek yang biasanya diikuti kram perut
Munculnya bercak darah pada kehamilan sering kali diartikan sebagai menstruasi namun hal tersebut biasanya terjadi 1 minggu sampai 10 hari setelah terjadinya ovulasi atau pembuahan yang terjadi disebabkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim (implantasi). Munculnya bercak darah pada wanita hamil biasanya diikuti oleh kram perut dimana untuk kram perut itu sendiri akan terjadi secara teratur sampai trimester kedua.

Tanda-tanda wanita hamil yang telah disebutkan diatas sifatnya tidak mutlak harus ada pada semua wanita pada awal kehamilannya, namun tanda-tanda tersebut yang paling dirasakan oleh seorang wanita yang sedang hamil. Wanita yang sedang hamil bervariasi terkadang dan bahkan ada yang tidak memiliki keluhan sama sekali walaupun sedang mengandung, maka dari itu untuk lebih memastikan lagi diperlukan test kehamilan bisa secara personal menggunakan test pack atau bisa ke bidan/dokter kehamilan dan bisa dilakukan tes darah di laboratorium.

Ciri-ciri orang hamil semakin terlihat seiring perkembangan kehamilannya, maka ciri orang hamil 1 minggu dan seterusnya dapat dipastikan akan semakin muncul tanda-tanda kehamilannya. Dari informasi berbagai media ada yang menyatakan bahwa ciri-ciri orang hamil laki-laki atau perempuan juga memiliki tanda-tanyanya masing-masing, ada yang menyatakan terlihat dari bentuk perut wanita yang sedang hamil dan perubahan sikap dari ibu hamil tersebut.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


1 komentar:

  1. tanda dan ciri yang paling sering muncul pada saat hamil yaitu terlambat datang bulan yang disertai mual muntah ( morningsickness)
    Gunakan Kalkulator Kehamilan Untuk memprediksi kapan bayi anda lahir

    BalasHapus