Sitemap

Senin, 26 November 2012

UMP DKI Jakarta 2013 Rp 2,2 Juta perbulan UMK 2013 diatas UMP

UMP DKI Jakarta 2013 telah ditetapkan sebesar Rp 2.200.000 perbulan oleh Pemprov DKI hasil dari keputusan bersama dalam rapat Dewan Pengupahan DKI Jakarta Indonesia, dimana Jokowi (Joko Widodo) selaku Gubernur DKI Jakarta saat ini telah memberikan keterangannya secara langsung di berbagai media infotainment baik televisi maupun media online dan media cetak.
Proses dalam menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2013 cukup panjang prosesnya dengan berbagai aksi demo buruh dan juga berbagai tanggapan dari para pengusaha. Mengacu Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2013 yang ditetapkan Dewan Pengupahan DKI Jakarta sebesar Rp 1.978.789. Dalam rapat Dewan Pengupahan DKI Jakarta memberikan penetapan UMP DKI 2013 sebesar RP 2.216.243,68 (112% dari KHL) yang berarti kenaikan UMP sebesar 44% dari UMP 2012 Rp 1.529.150, namun angka tersebut lalu dibulatkan menjadi 2,2 juta rupiah (111,7% KHL) dimana masih lebih besar dari nilai KHL - Kebutuhan Hidup Layak.

Jokowi dalam rapat telah mengetok besarnya UMP Jakarta sebesar Rp 2,2 juta rupiah dan diharapkan untuk semua pihak agar dapat menerima, kalau berbicara senang atau tidak senang dan juga puas atau tidak puasa maka tidak akan ada habisnya, ujar Gubernur DKI Jakarta Jokowi sapaan akrab Joko Widodo pada tanggal 20 November 2012 saat keputusan tersebut diambil. UMP DKI Jakarta 2013 lebih tinggi nilainya dengan daerah sekitar seperti bekasi dan tangerang, yaitu lebih tinggi 50 ribu dari bekasi dan lebih besar 100 ribu rupiah dari tangerang.

Hasil ketetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) di DKI Jakarta telah diputuskan semoga tidak terjadi perubahan layaknya hasil liga champions yang bisa berubah seiring pertandingan yang berlangsung. Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia semakin hari semakin berkembang sebagai daerah perekonomian dan juga pusat berbagai aktivitas yang menjadi perhatian daerah dan kota lainnya di wilayah nusantara. Penetapan UMP tahun 2013 di Jakarta akan menjadi pusat perhatian untuk provinsi-provinsi yang lainnya di negara Indonesia dalam menentukan UMP dimasing-masing provinsi.

Besaran UMP DKI Jakarta tahun Kalender 2013 hasilnya telah disepakati serikat pekerja dengan dewan pengupahan bersama Gubernur DKI Jakarta Jokowi, namun pengusaha telah memprotes dengan besarnya penetapan UMP Jakarta 2013 yang dinilai terlalu besar.

Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bila merasa keberatan atas UMP yang telah ditetapkan tersebut bisa mengajukan permohonan dalam penangguhan pelaksanaan UMP dengan mengacu pada Pergub No 42 Tahun 2007 (tata cara penangguhan pelaksanaan UMP).

Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2013 dimana besarnya harus selalu diatas nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013. UMK memiliki fungsi sebagai batas pengaman pemberian upah minimum kepada pekerja atau karyawan yang masih lajang dan masih belum memiliki masa kerja 1 tahun, bila masa kerja lebih dari 1 tahun maka upah yang didapatkan harus sudah melebihi UMK yang berlaku dan telah ditetapkan.
Untuk pengusaha yang tidak mengikuti aturan berlaku dalam membayar UMP DKI Jakarta 2013 berarti akan melanggar UU No 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan, dimana pengusaha bisa dikenai kurungan penjara maksimal 4 tahun dan denda minimal 100 juta rupiah sampai dengan 400 juta rupiah.
Bagi para buruh pekerja dan karyawan diharapkan dengan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2013 sebesar 2,2 juta rupiah dapat meningkatkan daya beli sehingga taraf kehidupannya agar lebih layak dan sejahtera. Lihat saja Harga Tiket Kereta Api untuk tujuan jarak jauh yang tarifnya cukup tinggi bagi kebanyakan orang, dimana diketahui banyak tenaga pekerja di Jakarta cukup banyak dari berbagai daerah yang tentunya transportasi kereta api salah satu akses yang dipergunakan dari daerahnya menuju jakarta dan sebaliknya. Ditambah berbagai kenaikan seperti BBM, sandang, pangan maupun perumahan yang terus meningkat, untuk dari itu dengan kenaikan UMP di tahun 2013 lebih memberikan kehidupan yang lebih layak lagi dari tahun-tahun sebelumnya.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar