Sitemap

Rabu, 19 Desember 2012

Pengertian Pendidikan, Manfaat Tujuan Pendidikan Secara Umum

Pengertian pendidikan beserta manfaat pendidikan dan juga tujuan pendidikan secara umum akan dikupas tuntas sebagai informasi yang berguna untuk semua kalangan. Sudah tidak bisa dipungkiri pentingnya pendidikan bagi kita semua dalam kehidupan.

Pendidikan berarti erat hubungannya dengan manusia atau makhluk hidup yang berakal sebagai pendidik dan peserta didik, dalam hal ini maksudnya pendidikan dari oleh dan untuk manusia dengan dilandasi sumber semuanya atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai manusia tentunya disadari ataupun tanpa disadari kita belajar dan terus belajar berbagai hal dan juga terus berkembang dalam berbagai hal. Diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dimuka bumi ini manusia diberikan berbagai bekal dalam mengarungi kehidupan, dimana setiap bagian tubuh seorang manusia memiliki kekuatan dan fungsi yang mampu untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Manusia diciptakan dengan akal pikiran yang luar biasa dapat melakukan berbagai hal, dalam pencapaian sebagai manusia seutuhnya yang memiliki berbagai potensial maka diperlukan pendidikan dalam upaya menggunakan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Dari seorang anak manusia dilahirkan ke bumi ini akan belajar mengenai kehidupan dari keluarga dan juga lingkungan sekitar dari apa yang dilihat, didengar dan dirasa kemudian berupaya untuk beradaptasi atas apa yang diperoleh. Hal ini merupakan pendidikan non formal yang didapatkan, untuk pendidikan formal akan didapatkan setelah seorang anak cukup dewasa yang kemudian akan mengecam pendidikan di sekolah sebagai media belajar. 

Untuk saat ini proses belajar mengajar tidak mutlak di sekolah namun dengan menggunakan perkembangan teknologi bisa melalui media online, pahami pengertian internet sebagai jaringan komputer global saling terkoneksi yang dapat menyatukan penggunanya dalam dunia maya. Pemanfaat internet sebagai sarana pendidikan bisa mendapatkan berbagai informasi tanpa batas dan juga bisa bertukar berbagai data dengan setiap para penggunanya diseluruh dunia.

Pendidikan bagian penting dalam pembentukan seorang manusia menjadi seseorang yang lebih baik dari segala sisi kehidupannya, lalu apakah pengertian dari pendidikan dan manfaatnya ?

Pengertian Pendidikan, Manfaat Pendidikan dan Tujuan Pendidikan Secara Umum

Pengertian pendidikan sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dari definisi pendidikan sesuai UU RI No 20 tahun 2003 dapat diketahui manfaat pendidikan bagi seseorang yaitu agar dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga akan mendapatkan kekuatan spiritual keagamaan, lalu bisa mengendalikan dirinya, memiliki pribadi yang lebih baik dan juga meningkatkan kecerdasan, memiliki akhlak yang mulia disertai berbagai keterampilan untuk dirinya dan masyarakat secara luas dan juga bagi bangsa dan negara.

Tujuan Pendidikan sesuai undang-undang RI yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dijelaskan secara detail berdasarkan UU RI seperti tersebut diatas mengenai definisi dan juga tujuan dari pendidikan, untuk melengkapi pengertian pendidikan maka berikut ini akan diberikan berbagai penjelasan dan penjabaran yang bersumber dari para ahli dibidang pendidikan.


Pengertian pendidikan menurut Prof. Herman H. Horn
Pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Pengertian pendidikan menurut M.J. Langeveld
Pendidikan merupakan usaha , pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.

Pengertian pendidikan menurut Prof. Dr. John Dewey
pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

Pengertian pendidikan menurut Edgar Dalle
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Pengertian pendidikan menurut Thompson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya.

Pengertian pendidikan menurut Profesor Gurrey
Pendidikan adalah untuk menggali dan mengambil segala seni dan pengetahuan yang amat luas, Pendidikan ialah proses mengeluarkan manusia yang mempunyai kebudayaan dan pengetahuan yang luas.

Pengertian pendidikan menurut W.O.I Smith
Pendidikan adalah suatu proses menyampaikan segala anasir- anasir kehidupan suatu masyarakat kepada generasi mudanya bagi melanjutkan warisan anasir-anasir itu agar dapat dipertinggikan dan disampaikan pula kepada generasi lain.

Pengertian pendidikan menurut Prof. Richey (Planning for teaching, an Introduction to Education)
Pendidikan adalah berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat.

Pengertian pendidikan menurut Ibnu Muqaffa (106 H- 143 H, Pengarang Kitab Kalilah dan Daminah)
Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.

Pengertian pendidikan menurut Plato (filosof Yunani | 429 SM-346 M)
Pendidikan adalah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.

Pengertian pendidikan menurut John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M)
Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.

Pengertian pendidikan menurut Prof. H. Mahmud Yunus
pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Pengertian pendidikan menurut Prof. Dr. Prayitno, M.Sc., Ed.
Pendidikan adalah upaya memuliakan kemanusiaan manusia, tujuan pendidikan sepenuhnya mengacu kepada seluruh komponen harkat dan martabat manusia (HMM).

Pengertian pendidikan menurut Prof. Dr. Imam Barnadib
pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.

Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Pengertian pendidikan menurut wikipedia
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991)
Pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

Di Indonesia pendidikan disusun sedemikian rupa dengan pembagian dalam 3 jalur utama yaitu formal, nonformal dan informal. Untuk jejang pendidikan terbagi menjadi 4 jenjang yaitu pendidikan usia dini, dasar, menengah, dan tinggi. Lalu berdasarkan jenis terbagi menjadi 7 jenis yaitu pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, dan pendidikan khusus.

Dalam dunia pendidikan di Indonesia diperlukan berbagai program pendidikan agar dapat berjalan dengan baik maka disusun kurikulum Pendidikan, Di Indonesia kurikulum sesuai kalender 2013 telah berkembang dengan berbagai tambahan dan juga revisi dari kurikulum sebelumnya dalam upaya menyesuaikan dengan pendidikan didunia. Kurikulum pendidikan terbagi atas sub-sub pembagian untuk memudahkan dalam pembelajarannya seperti Ilmu pendidikan terdiri dari berbagai macam ada pendidikan agama, pendidikan teknologi informatika dan komunikasi dan berbagai ilmu pengetahuan yang lainnya. Berbagai ilmu pengetahuan yang ada diantaranya seperti ilmu bahasa, ilmu alam, ilmu sosial, ilmu seni dan budaya.

Berbagai ilmu pengetahuan akan mempelajari sesuai dengan apa yang menjadi program seperti ilmu informatika salah satunya akan mempelajari pengertian komputer beserta berbagai komponen seperti perangkat keras komputer dan perangkat lunak disertai perluasan perkembangannya baik penggunaan dan pemanfaatannya. Untuk ilmu kedokteran akan dipelajari segala sesuatu yang sesuai dengan kurikulum disesuaikan dengan jurusan ilmu pengetahuan, seperti segala macam penyakit beserta obatnya dan juga kesehatan, bahkan ciri-ciri wanita hamil bagi dunia kedokteran sudah harus diketahui.

Pentingnya Pendidikan sebagai upaya untuk dilakukan secara sadar berguna untuk menambah segala macam pengetahuan dan wawasan serta pengalaman dalam mengarungi dan menentukan tujuan hidup sehingga bisa memiliki pandangan yang luas kearah depan yang lebih baik. Dengan Pendidikan akan mengembangkan intelektualitas supaya cepat dan tepat dalam mencerna semua gejala yang ada dan menentukan pilihan dengan baik. Pendidikan akan menciptakan seseorang yang berkwalitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan dengan akhlak yang mulia.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar