Sitemap

Senin, 17 Desember 2012

Resep Bakso Sapi Kenyal - Cara Membuat Bakso Sapi Spesial Enak

Resep bakso sapi - Cara membuat bakso sapi kenyal spesial enak bisa dipelajari oleh siapa saja yang ingin membuat bakso dengan daging sapi sebagai bahan penting yang telah diketahui aroma dan rasa yang enak dan lezat tak tertandingi. Daging sapi memang bahan yang bisa digunakan untuk berbagai macam makanan seperti resep tongseng daging sapi dan makanan lainnya bahkan di sate bakar saja sudah terasa enak dengan aroma sedap.

Sudah tidak bisa dipungkiri di Indonesia makanan yang banyak menarik peminatnya adalah bakso, dimana hampir setiap orang menyukai makanan yang pada umumnya berbentuk bola kecil tersebut, walaupun pada saat sekarang ini sudah banyak modifikasi bentuknya seperti bakso kotak dan bentuk lainnya. Bahkan memasak bakso juga sudah ada yang dibakar dan juga digoreng, dimana penjual menamakan bakso bakar dan juga bakso goreng.

Banyak pedagang bakso dimana-mana hampir berbagai tempat kita jumpai bakso walaupun mungkin di pesawat dan kereta api indonesia belum tersedia tapi tidak menutup kemungkinan nanti akan disediakan, hal itu karena bakso merupakan makanan yang banyak dicari dan menjadi favorit banyak orang masyarakat indonesia, makanya penjual bakso semakin bertambah dan meningkat walau demikian tetap saja para pembeli terus ada.

Para penjual bakso telah banyak yang melakukan modifikasi baik dari bahan maupun bentuk dan juga penyajian, semua dilakukan untuk memuaskan para pecinta bakso di tanah air indonesia. Ditahun 2012 telah ada bakso yang diisi dengan buah-buahan dan ada yang diisi coklat, bagaiman dengan tahun kalender 2013 nanti tentunya akan banyak kreasi dan modifikasi baik rasa dan tekstur bentuk yang cukup unik dalam pembuatannya.

Tentang Bakso

Bakso merupakan daging giling yang dibumbui dan dibentuk bulat dengan direbus dalam memasaknya dan untuk penyajiannya bersama kuah beraroma sedap. Biasanya pada saat ini seiring waktu bakso disajikan dengan tambahan bihun, mie dan beberapa makanan pelengkap lainnya. Bakso di sajikan bersama makanan pelengkap apapun tetap enak begitu juga dimodifikasi berbagai bentuk malah semakin menambah peminatnya.
Bila baru-baru ini muncul rainbow cake atau kue pelangi yang menjadi trending topik dan banyak orang hampir diseluruh penjuru dunia mencoba untuk membuat kue tersebut dengan resep rainbow cake yang sederhana pembuatannya dan hasilnya memang enak rasanya. Bakso sepertinya makanan yang menjadi favorit orang di indonesia pada umumnya karena hampir setiap penduduknya mengenal dan juga menyukai makan bakso, hampir setiap waktu tempat penjualan bakso selalu dipenuhi dengan pembeli. Cara membuat bakso memang tidak sederhana dalam mengolahnya namun tidak begitu rumit, kita bisa saja membuatnya.

Bakso paling disukai oleh para pecinta bakso dimana mereka hari-harinya belum lengkap kalau belum makan bakso, pada saat hari lebaran saja ternyata bakso menjadi sangat dicari padahal berbagai macam kue kering lebaran tersedia dirumah. Biasanya penikmat bakso lebih memilih bakso yang dari teksturnya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek. Maka dari itu untuk membuat bakso yang sesuai yang diinginkan dari segi tekstur dan rasa harus tepat dalam mengolahnya, memang cukup sulit bila belum terbiasa seperti saat diberi tepung maka hasilnya bakso akan cenderung mengeras dan bila tepung terlalu sedikit maka bakso akan cenderung lembek, maka tepung harus tepat dan biasanya dibutuhkan bahan kimia khusus membuat bakso agar dapat mengikat daging sehingga tekstur dapat sesuai yang dikehendaki.

Bahan Membuat Bakso

Bahan utama yang dipakai dalam membuat bakso yaitu daging sapi, daging ayam, ikan, udang dan beberapa bahan yang bisa disesuaikan dengan modifikasi bahan yang dikehendaki, namun yang biasa sering digunakan menggunakan daging sapi karena aroma dan rasanya setelah menjadi bakso sangat khas dan enak dan kekenyalan yang pas. Tepung merupakan bahan campuran utama dalam membuat bakso, biasanya jenis tepung sagu aren dan satu tani atau bisa mencampur keduanya. Bila dikehendaki daging lebih terasa maka gunakan daging lebih banyak dan tepung sedikit, begitu juga sebaliknya. Tepung merupakan bahan penting untuk membuat berbagai makanan indonesia termasuk dalam resep donat kentang merupakan bahan utamanya tepung dengan kentang.

Bumbu membuat bakso sangat sederhana sekali tak rumit yaitu secara standar hanya menggunakan bawang merah dan bawang putih yang digoreng atau tanpa digoreng lalu dihaluskan. Untuk menambah rasa dan aroma dilidah bisa menambahkan bumbu penyedap lainnya seperti garam, merica dan pala bubuk. Gunakan garam kasar dalam membuat bakso untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Air es merupakan bahan membuat bakso yang berguna dalam membantu agar otot-otot dalam daging dapat berkontraksi sehingga daging akan lebih padat dan kenyal tidak lembek, bisa menggunakan es batu lalu dihaluskan atau diserut halus.

Cara Mengaduk Bakso

Cara mengaduk bakso sebaiknya dilakukan dalam food processor agar daging bakso lebih lembut dan teksturnya kenyal. Diawali daging, bumbu dan es diblender dalam food processor sampai daging benar-benar lembut memerlukan waktu cukup lama namun hasilnya bakso tidak bergerindil. Baru setelah dihasilkan bakso yang lembut kemudian baru ditambah tepung terigu sesuai takeran yang pas dan blender sampai tercampur, usahakan jangan terlalu lama agar bakso tidak menjadi keras.

Cara Membentuk Bakso

Bakso yang telah diblender maka saatnya untuk membentuk bakso seperti yang diinginkan, pada umumnya berbentuk bulat maka untuk itu buatlah bakso berbentuk bulat-bulat, setelah dibentuk langsung masukkan bakso kedalam air yang hangat agar bakso berkulit dan pada saat nanti direbus tidak gempyar atau ambyar berantakan. Untuk bakso yang menggunakan ikan sebagai bahan utama sebaiknya di masukkan/cemplungkan kedalam air es agar langsung mengeras.

Merebus Bakso

Bakso yang sudah dibuat yaitu diproses dan dibentuk sedemikian rupa maka setelah itu bakso direbus dalam air yang sudah mendidih sampai terapung dan pastikan sampai matang betul agar saat disajikan untuk dimakan benar-benar sudah matang.

Resep Bakso Sapi

Bahan Bakso
  • 500 gram daging sapi sengkel segar, tanpa dicuci potong iris tipis
  • 1 sendok makan garam kasar
  • 1/2 sendok teh poly powder
  • 50 gram putih telur
  • 225 gram es serut
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan bawang putih goreng
  • 1/2 sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren
Bahan Pelengkap Bakso
  • 600 gram bihun
  • 600 gram mi telur
  • 5 tangkai selederi diiris
  • 5 batang daun bawang kecil
  • 5 sendok makan bawang merah goreng
  • 3 liter kuah bakso
  • 1 resep sambal bakso

  1. Masukkan 500 gram daging sapi dan 1 sendok makan garam kasar dalam food prosesor, giling sebentar sampai agak lembut.
  2. Setelah agak lembut, masukkan 1/2 sendok teh poly powder, 50 gram putih telur, 225 gram es serut, 1 sendok teh penyedap rasa, 1 siung bawang putih sudah dihaluskan, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok makan bawang putih goreng dan 1/2 sendok makan bawang merah goreng, giling sampai benar-benar lembut.
  3. Tambahkan 100 gram tepung sagu aren, lalu giling merata sampai lembut dan ciri-ciri terlihat kalis.
  4. Langkah selanjutnya ambil adonan sedikit demi sedikit bentuk bulat, lalu masukkan ke dalam air hangat.
  5. Rebus bakso sampai matang dan tiriskan,
  6. Bakso siap untuk disajikan, sajikan bakso dengan kuah dan pelengkap bakso seperti bihun, mie, selederi, daun bawang, bawang merah goreng dan juga sediakan sambal.
Note : Bakso kurang lebih 60 buah
Tips : Celupkan sendok ke dalam air saat mengambil adonan agar tidak lengket pada waktu di ambil dan dibentuk.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar