Sitemap

Jumat, 26 Juni 2015

KERAJINAN TANGAN BERBAHAN DASAR HASIL LAUT

Negara Indonesia mempunyai wilayah perairan yang sangat luas dibandingkan dengan wilayah daratan, dari kedua wilayah tersebut tersimpan harta yang tak ternilai harganya dan mempunyai berbagai jenis sumber daya alam. Para nelayan memanfaatkan lautan untuk mengambil sumber daya alamnya untuk dijadikan sebagai komoditi pangan dan mata pencaharian, mereka bebas mengambil sumber daya alam tersebut sepuasnya dengan cara mereka masing-masing tetapi ada saja dari mereka yang tidak bertanggung jawab demi memuaskan hasrat mereka mengambil apa saja yang ada di lautan, dampak dari cara mereka seperti ini akan merusak habitat dan ekosistem laut serta kerusakan lingkungan yang parah yang akan berdampak kepada semua makhluk hidup di bumi ini. Berbagai hewan laut tersebar di lautan dan beribu-ribu jenis ikan, terumbu karang, tumbuhan laut hidup disana, jadi sebaiknya mereka tidak melakukan cara-cara yang negatif demi mendaptkan sesuatu dari lautan. Dari kelas molusca atau hewan laut yang mempunyai cangkang lunak serta terumbu karang dapat dijadikan sebagai bahan dasar membuat kerajinan tangan dari hasil laut daripada dibiarkan begitu saja dan menyebabkan polusi udara alangkah lebih baiknya dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai jual tinggi.

KERAJINAN TANGAN BERBAHAN DASAR HASIL LAUT

Hewan seperti kerang laut atau yang sejenisnya bisa di manfaatkan sebagai cenderamata dan oleh-oleh buat sanak famili, cangkang ini oleh pengrajin bisa dibuat berbagai jenis kerajinan untuk menghiasi ruangan rumah dan lukisan berbahan kulit kerang. Di samping itu juga mereka membuat beberapa gantungan kunci untuk sepeda motor dan gantungan kunci rumah, karena bentuk dari kerang laut ini bermacam-macam maka untuk bentuk kerajinannya juga akan lebih menarik dan tentunya harga jualnya juga akan lebih mahal tergantung dari tingkat kesulitannya. Kerajinan tangan berbahan dasar hasil laut ini banyak kita jumpai di toko-toko handycraft atau kalau kita berlibur ke pantai banyak disana yang menjajakan hasil kerajinan dari bahan dasar ini, dengan harga yang relatif murah tentunya pengunjung dapat dimanjakan dengan hasil kerajinan ini dan barang kerajinannya tentu tidak murahan karena terdapat estetika seni didalamnya menurut weblog.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar