Sitemap

Selasa, 29 November 2016

Tanoto Foundation Menyulap Perpustakaan Menjadi Tempat Menyenangkan

Perpustakaan seringkali dipersepsikan sebagai tempat membosankan. Akibatnya hanya segelintir orang saja yang mau datang ke sana.

Padahal, seharusnya tidak seperti itu. Perpustakaan semestinya menjadi salah satu tempat pilihan untuk meluangkan waktu. Pasalnya, di sana terdapat buku-buku yang mampu menjadi sumber pengetahuan dan informasi.

Perpustakaan Menjadi Tempat Menyenangkan

Tanoto Foundation yang didirikan oleh pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, menyadari kondisi tersebut. Mereka ingin mengubahnya. Yayasan yang didukung penuh oleh keluarga Sukanto Tanoto ini hendak mengubah perpustakaan menjadi sebuah tempat yang menyenangkan.

Kegiatan Tanoto Foundation yang secara khusus didedikasikan untuk meningkatkan kualitas perpustaaan ini diberi nama Pelita Pustaka. Melalui program ini, keluarga Sukanto Tanoto memanfaatkan Tanoto Foundation sebagai sarana untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat nyaman dan menyenangkan agar banyak yang tertarik menghabiskan waktu di sana.

Untuk itu, Tanoto Foundation membantu membangun dan merenovasi sejumlah perpustakaan, memanfaatkan beberapa ruangan yang tidak terpakai untuk dijadikan sebagai perpustakaan, serta menyediakan koleksi buku-buku di dalamnya.

Ada sebuah sistem menarik yang dipakai di program Pelita Pustaka. Dalam kegiatan Tanoto Foundation ini, setiap enam sekolah digabungkan dalam satu cluster. Mereka mendapat bantuan 120 buku. Nantinya Tanoto Foundation melatih guru dan sejumlah pustakawan untuk memfasilitasi rotasi buku yang dilakukan setiap dua atau tiga bulan sekali.

Kegiatan Tanoto Foundation ini difokuskan di pedesaan. Hal ini dikarenakan di sana akses informasi masih sangat terbatas. Alhasil, keberadaan perpustakaan bakal menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan bagi para siswa maupun warga desa.

Sudah banyak pihak yang merasakan manfaat dari program Pelita Pustaka. Sampai Desember 2015, kegiatan Tanoto Foundation berhasil membangun maupun merenovasi 186 perpustakaan sekolah. Selain itu, yayasan yang didukung oleh keluarga Sukanto Tanoto ini juga telah mendonasikan lebih dari 32 ribu buku.

Tanoto Foundation juga melengkapinya dengan pelatihan dalam mengelola perpustakaan. Sampai Desember 2015, sudah ada 1.800 guru yang mendapat pendidikan sebagai pustakawan.

Kala melakukannya, Tanoto Foundation juga sering menggandeng perusahaan Sukanto Tanoto untuk menjadi mitra Tanoto Foundation dalam upaya menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar