Sitemap

Jumat, 29 Desember 2017

Tabungan Syariah Berbasis Islam

Tabungan syariah merupakan jenis tabungan yang berbasis pada prinsip dan hukum ekonomi syariah Islam. Dalam masyarakat Indonesia saat ini sebagian besarnya lebih memilih untuk memiliki tabungan di bank syariah dibandingan dengan menabung di bank konvensional. Dimana bank syariah memiliki sistem yang berbeda jika dibandingkan dengan bank yang bersifat umum atau bank konvensional.

bank syariah bukopin

Kegiatan utama dalam bank syariah memiliki dua aktifitas utama, yaitu yang pertama adalah aktifitas mengumpulkan uang atau dana dari nasabah dan yang kedua adalah aktifitas financing atau kegiatan pembiayaan. Dalam bank syariah kegiatan pendanaan berasal dari para nasabah, internal bank, atau bisa berasal dari pihak ketiga pula. Pada kegiatan financing ditandai dengan adanya penyaluran dana yang terkumpul untuk kemudian dimasukkan ke dalam usaha-usaha yang diperbolehkan dan sesuai dengan syariat Islam.

Pada umumnya kegiatan pendanaan atau pengumpulan dana pada bank syariah terlihat hampir sama dengan yang ada pada kegiatan pendanaan di bank konvensional. Dengan kegiatan pendanaan dimana bank mengumpulkan dana atau uang dari tabungan, deposito, dan juga giro. Namun, hal itu juga masih memiliki perbedaan pula. Perbedaan itu secara umum terletak pada perjanjian awal atau akad yang terjadi di awal transaksi, sistem bunga yang sesuai dengan syariat Islam, dan juga pemanfaatan dari dana yang terkumpul.

Pada bank syariah dana yang telah terkumpul dari para nasabahnya akan disalurkan dengan memegang prinsip syariah dan hukum Islam. Di dalam bank syariah dalam setiap kegiatannya tentunya akan sangat menghindari yang namanya praktik riba yang berhukum haram dalam Islam.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam tabungan syariah berbasis Islam pada kesempatan kali ini. Dalam perbankan syariah dana Anda tidak akan disalahgunakan, karena bank syariah telah berprinsip untuk memperoleh dan mengelola setiap dana yang diperoleh dari nasabah sesuai dengan prinsip dan hukum Islam.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar