Sitemap

Rabu, 07 Maret 2018

Pernikahan Adat Suku Biak Papua

Seperti yang kalian ketahui banyak sekali daerah di Papua yang belum di aliri listrik sehingga mereka perlu sewa genset papua dan jasa service genset untuk kebutuhan sehari-hari dan pernikahan adat mereka . Kali ini mari kita bahas tentang pernikahan adat suku Biak yang sangat unik dan masih menjalankan acara adat dari leluhur mereka

Suku Papua

Melamar, acara melamar pada suku Biak ada dua jenis yaitu sanepen dan fakfuken. Sanepen adalah proses pinangan yang di lakukan antara pihak orang tua saat anak mereka masih kecil. Fakfuken adalah acara lamaran setelah anak berumur 15 tahun. Saat acara fakfuken pihak laki-laki memnawa tanda perkenalan(kaken) berupa gelang. Jumlah kaken tergantung dari kemampuan pihak laki-laki.

Selanjutnya menentukan mas kawin, mas kawin yang diberikan sama seperti mas kawin biasanya yaitu emas dan perak. Orang tua akan mendatangi ketua adat untuk menanyakan hari baik untuk dijadikan hari pernikahan mereka.

Upacara pernikahan, acara pernikahan diawali dengan menyerahkan benda pusaka seperti parang, panah, dan tombak oleh pihak perempuan ke pihak laki-laki. Ini adalah symbol bahwa keluarga perempuan sudah memberikan anak mereka ke pihak laki-laki. Pihak laki-laki pun membalas dengan hal yang sama, ini menyimbolkan bahwa mereka akan menjaga anak perempuan itu.

Acara selanjutnya adalah memberikan sebatan cerutu yang wajib dihisap oleh kedua mempelai bergantian, lalu ketua adat akan memberikan masing-masing satu untuk kedua mempelai. Proses ini diringi mantra dan doa yang dibacakan oleh ketua adat.

Acara terakhir adalah makan-makan bersama dengan keluarga besar. Acara ini biasanya dilanjutkan denga joget bersama diiringi dengan lagu –lagu daerah. Makanan yang biasa disediakan juga khas daerah Papua seperti papeda, daging babi, sayur ikan, dan tidak ketinggalan minuman wajib adalah tuak buatan sendiri.

Indonesia memang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, dalam satu daerah belum tentu bahasa, dan adat pernikahan itu sama . maka dari itu kita harus menjaga keragaman budaya Indonesia.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar