Kiamat Internet 2012 akibat Virus DNS Changer tidak Terjadi

Kiamat internet yang dikabarkan akan terjadi tepatnya pada tanggal 9 Juli 2012 ternyata tidak terbukti kebenarannya. Dari desas desus yang beredar di berbagai media cetak dan online menyatakan akan terjadi kiamat internet yang bisa berakibat seluruh jaringan internet online di dunia akan mati secara total ternyata internet berjalan normal.

Awal mula kiamat internet
Beberapa bulan yang lalu (november 2011) FBI mengadakan "Operation Ghost Click" telah menemukan "Cyber Attact" di Estonia yang begitu mengejutkan telah berhasil menginfeksi Virus Malware DNS Changer ke lebih dari 4 juta komputer diseluruh dunia. Dari kejadian tersebut FBI berhasil menangkap 6 hacker yang terlibat dalam menyebarkan infeksi virus tersebut.

Virus Malware DNS Changer

DNS Changer merupakan virus malware yang sudah dikenal pada tahun 2007 diciptakan oleh hacker dunia maya intenet online. DNS Changer memiliki kemampuan dapat memanipulasi DNS (Domain Name Server) yang akan menerjemahkan alamat situs web yang benar kedalam alamat IP tipuan. Virus tersebut juga bisa menginfeksi router-router dan juga memanipulasi DNS Server dari router tersebut yang dapat menyebabkan seluruh komputer yang terkoneksi melalui router tersebut dapat mengalami kiamat internet karena tersesat saat menggunakan internet.

Informasi yang berkembang dari kejadian ditemukan serangan cyber maka FBI berencana mengadakan pembersihan DNS Changer tepatnya pada tanggal 9 Juli 2012 (sebelumnya akan dilangsungkan pada tanggal 8 Maret 2012 namun diundur), maka pada tanggal tersebut akan ditutup server berbahaya yang telah terinfeksi virus dari cyber attact.

Pemberitaan atas informasi penutupan server yang berbahaya dapat berakibat banyak pengguna internet kehilangan koneksi bagi komputer yang terjangkit virus DNS Changer. Tetapi FBI juga telah menyediakan dua server baru bagi pengguna yang telah terinfeksi agar bisa terhubung ke internet.

Kiamat internet di Indonesia

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dengan penggunaan teknologi internet berkualitas indonesia semakin mendapatkan ruang dihati masyarakatnya maka informasi kiamat internet menjadi berita yang fenomenal.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Tifatul Sembiring dalam kesempatannya wawancara dengan para wartawan mengatakan mengenai kiamat internet hanya merupakan isu belaka. Namun Tifatul Sembiring tetap menghimbau untuk tetap waspada atas isu tersebut dengan cara meningkatkan sistem keamanan di komputer untuk penggunaan internet.
Salah satu cara menjaga komputer dari serangan virus bisa menggunakan antivirus terbaik pada komputer yang secara otomatis dapat update database maupun pembersihan secara baik.
Menkominfo Tiffatul Sembiring juga mengatakan bahwa hanya ada 25 negara yang jaringan komputernya terjangkit virus DNS Changer dan Indonesia tidak termasuk didalamnya. Negara yang paling banyak terinfeksi DNS Changer yaitu Amerika Serikat, Italia, India, Inggris, dan Jerman.

Roy Suryo yang dikenal sebagai pakar telematika yang juga merupakan Anggota Komisi I DPR RI menilai adanya kiamat internet adalah hal yang berlebihan santer diberitakan. Beliau melihat kejadian tersebut digunakan untuk tujuan bisnis konsultasi jaringan internet dan juga penggunaan antivirus untuk komputer atau laptop terbaik yang dimiliki dalam pencegahannya.

Tindak lanjut Kiamat Internet 2012 di Dunia akibat Virus DNS Changer

Secara internasional atas penemuan serangan cyber yang hackernya sendiri sudah ditangkap namun virusnya masih menyebar maka pembersihan tetap dilakukan oleh pihak FBI. Komputer yang terjangkit virus malware tersebut tidak akan bisa menerjemahkan alamat situs sehingga tidak bisa terhubung ke internet namun dengan disediakan server khusus bagi yang terinfeksi maka hal tersebut sudah tidak perlu dikuatirkan lagi.

DNS Changer Working Group (DCWG) dengan juru bicaranya Barry Green mengatakan untuk tetap tenang atas isu yang berkembang tersebut karena hal tersebut bukan masalah besar.

ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) merupakan tim yang setiap saat melakukan monitoring dan juga pencegahan dari berbagai aktivitas internet termasuk serangan cyber. Serangan cyber akses internet cepat di indonesia sebenarnya setiap harinya terjadi baik dari dalam maupun luar negeri, namun ID-SIRTII selalu bisa mengatasi secara efektif dibantu kerjasama dengan berbagai pihak instansi.

Cara Cek dan Menyembuhkan komputer terkena infeksi DNS Changer

Kunjungi http://www.dns-ok.us/ untuk cek komputer anda terkena infeksi atau tidak, cara mengetahuinya adalah saat mengunjungi bila muncul latar belakang hijau maka aman dan bila muncul latar belakang merah berarti komputer anda terinfeksi.

Cara menyembuhkan komputer yang terinfeksi setelah melakukan cek adalah bisa langung mengunjungi http://www.dcwg.org/fix/ dimana pihak internasional yang menanggulangi serangan DNS Changer.

Kiamat Internet tidak terjadi

Sekarang "saat penulisan artikel ini" sudah tanggal 12 Juli 2012 sudah melewati isu bakal adanya Kiamat Internet 2012 di Dunia akibat Virus DNS Changer yang telah menyebar luas dan ternyata jaringan Internet tidak mati total secara keseluruhan, bukti kebenarannya di Indonesia masih aman saja tanpa ada kendala yang berarti.

Kiamat Internet 2012 di Dunia sebenarnya memang agak berlebihan tapi kalau adanya serangan cyber yang menginfeksi virus malware ke beberapa jaringan intenet komputer di dunia itu memang benar adanya namun tidak sampai mengakibatkan mati total seluruh jaringan di dunia karena bisa ditanggulangi oleh para ahli nya. Jadi Kiamat Internet 2012 akibat Virus DNS Changer tidak Terjadi di seluruh dunia hanya ada masalah serangan sebagian kecil dunia cyber yang pelakunya sudah ditangkap dan diantisipasi disertai akan dilakukan pembersihan atas akibat dari penyebaran virus malware DNS Changer yang diketahui ada beberapa negara yang terkena namun itu hanya sebagian kecil saja dari pengguna internet yang terkena dampaknya bila melihat persentasinya.

Belum ada Komentar untuk "Kiamat Internet 2012 akibat Virus DNS Changer tidak Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel