Mobil Listrik Ahmadi Spesifikasi Harga dan Uji Coba di Jalan

Mobil Listrik Ahmadi buatan lokal nasional indonesia di rancang oleh Dasep Ahmadi selaku owner PT Sarimas Ahmadi Pratama di daerah Depok semakin menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan, inilah alternatif jalan keluar dari permasalahan mobil pada umumnya yang menggunakan bahan bakar minyak dimana semakin mahal dan juga persediaan secara dunia internasional semakin terus berkurang.

Mobil Listrik Ahmadi Let's Green & Go Electric

Sebenarnya diluar negeri berbagai negara telah terlebih dahulu memperkenalkan mobil listrik dengan desain dan kualitas yang cukup baik, untuk di indonesia sendiri Mobil Listrik Ahmadi yang menjadi sorotan utama diberbagai media online dan cetak selain Motor Baru 2012. Secara keseluruhan Mobil Listrik rancangan PT Sarimas Ahmadi tidak seutuhnya buatan dalam negeri dalam hal ini untuk baterai dan motor listrik mobil masih dari luar negeri, sementara untuk bodi dan kerangka merupakan buatan sendiri.

Mobil listrik Ahmadi kemungkinan akan diproduksi secara masal di tahun 2013 dimana modal yang besar diperlukan dalam memproduksi mobil listrik tersebut. Harga mobil listrik ahmadi masih tahap perhitungan, diungkapkan Dasep Ahmadi kemungkinan 200-300 juta rupiah hal tersebut mengingat biasa produksi yang memang menghabiskan dana cukup besar per unitnya.


Mobil Listrik Ahmadi menggunakan baterai lithium ion sebanyak 36 unit diletakkan pada kabin penumpang bagian belakang dimana masing-masing unit kapasitas mencapai 21 kWh. Ahmadi menjelaskan penggunaan baterai 36 unit dengan kapasitas 21 kWh perunitnya diklaim mampu menempuh jarak hingga 130 km. Untuk isi ulang menggunakan listrik yang dengan cara di charge selama 4-5 jam lamanya untuk mengisi penuh seluruh unit baterai. Jika dalam keadaan yang cukup mendesak bisa di cas secara singkat dengan waktu 30 menit dengan catatan tegangan listrik konstan 220 V.

Suspensi depan mobil listrik ahmadi dibekali Mac Pherson Struts with Coil Spring dan stabilizer yang ada di varian Grand(G) dan Deluxe(L). Sedangkan untuk tipe Standart (S) hanya menggunakan MacPherson Struts with Coil Spring.

Pada suspensi belakang ketiga varian mobil listrik ini menggunakan Trailing Arm dengan Coil Spring. Mobil Listrik Ahmadi tipe S berbonot 800 kg, untuk seri Grand (G) dan Deluxe (L) berbobot 900 kg. Sementara dimensinya memiliki panjang 345 cm, lebar 149 cm, dan tinggi 160 cm. Kapasitas mobil listrik Ahmadi berkapasitas empat penumpang (4 Seat).


Rute Uji Coba yang ditempuh pada test drive Mobil Listrik Ahmadi adalah Jati Mulya Depok - jalan non tol Margonda Raya - Lenteng Agung - Pasar Minggu - Pancoran - Gatot Subroto - Semanggi - Sudirman - hingga Kantor BPPT MH Thamrin Jakarta Pusat.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mencoba sendiri mobil listrik ahmadi dari depok menuju ke jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, yang pada perjalanan awalnya melaju cukup lancar yang sempat memacu pada kecepatan 70 km/jam. Namun hampir sampai di MH Thamrin mobil listrik Ahmadi sempat mogok 2 kali, setelah di telusuri ternyata ada permasalah pada daya tenaga baterai yang tidak di charge penuh saat di pakai sehingga kehabisan di tengah jalan. Memang tidak seperti kereta api yang berjalan tanpa kendala dimana mobil listrik ini baru uji coba yang memang cukup dadakan dalam pengujiannya.

Namun demikian secara keseluruhan dalam proses uji coba dan test drive tersebut berjalan dengan lancar dengan sepanjang perjalanan menjadi sorotan para pengguna jalan dengan Mobil Listrik Ahmadi yang berwarna hijau dengan tulisan di pintu mobil "Let's Green & Go Electric". Dalam uji coba kaca mobil dibiarkan terbuka karena cuaca jakarta yang cukup panas ditambah Mobil Listrik Ahmadi belum sepat diisi freon air conditioner (AC) sehingga pendingin dalam ruangan pada mobil belum bisa dioperasikan.

Perjalanan awal yang cukup mulus hingga terhenti saat menjelang hampir sampai pada tujuan di BPPT tepatnya di seberang Sarinah Thamrin mobil listrik ahmadi mogok dengan tidak ada tanda-tanda dari indikator bahwa baterai menipis ataupun low bat. Mogok kedua kalinya terjadi saat sampai didepan kantor BPPT yang masih dikarenakan permasalahan yang sama.

Mobil Listrik kreasi anak bangsa perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah indonesia untuk proses pembuatan dengan perhatian penuh dalam uji kelayakan keamanan dan juga kenyamanan berkendaranya. Setelah uji coba Weblog berpendapat perlunya perbaikan yang lebih baik lagi agar laju perjalanan tidak terhambat seperti kejadian yang terjadi pada saat test drive dari depok ke thamrin jakarta pusat.

Keamanan untuk standar keselamatan penggunaan Mobil Listrik harus menjadi perhatian penting agar tidak adanya kejadian yang diinginkan, pada mobil listrik buatan Ahmadi telah dilengkapi dengan sistem pengamanan fuse/sekering dalam mengantisipasi bila terjadi korsleting listrik pada mobil.

Mobil Listrik Ferrari Yogyakarta Indonesia Dahlan Iskan
Mobil Listrik Mewah Sekelas Ferrari
Ternyata selain Mobil Listrik rancangan Ahmadi telah ada proyek mobil listrik yang mewah sekelas Ferrari yang di produksi di Yogyakarta dimana pada saat ini sudah memasuki tahapan final dan di bulan Agustus tahun ini akan diperkenalkan, ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan. Cuman Mobil Listrik Ferrari tersebut dibandrol dengan harga kisaran 1.5 Miliar Rupiah dimana sudah dipesan 40 unit lebih dengan salah satu pemesannya adalah Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

1 Komentar untuk "Mobil Listrik Ahmadi Spesifikasi Harga dan Uji Coba di Jalan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel