Cara Menghilangkan Jerawat - Bekas Jerawat Secara Benar Aman

Cara Menghilangkan Jerawat akan didapatkan hasil maksimal bila ditangani secara baik dan tepat prosedurnya sehingga akan cepat bebas dari jerawat beserta bekas jerawatnya. Untuk itu harus mengenal jerawat dengan baik dari faktor-faktor penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasi jerawat dengan baik beserta bekas jerawatnya hilang dan kulit kembali mulus dan halus lalu tentunya perawatan agar jerawat tidak muncul kembali.
Jerawat merupakan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea).
Jerawat dapat timbul di muka, leher, dada atas, punggung dan juga lengan atas yang biasanya diderita oleh remaja namun weblog menginformasikan juga bahwa tidak menutup kemungkinan jerawat timbul pada orang-orang dewasa. Dengan adanya jerawat maka kondisi kulit menjadi tidak normal dan lebih sensitif untuk itu tidak boleh disepelekan dan perlu perhatian yang tepat dalam menanganinya.

Jenis-jenis Jerawat
  1. Komedo yaitu pori-pori yang tersumbat diakibatkan oleh sel-sel kulit mati atau kelenjar minyak yang berlebihan.
  2. Jerawat Biasa yaitu pori-pori yang tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri dengan ciri adanya tonjolan kecil pada kulit berwarna pink dan kemerah-merahan.
  3. Jerawat Batu yaitu jerawat yang berukuran besar diakibatkan kelenjar minyak terlalu aktif, sel-sel kulit tidak bisa beregenerasi layaknya kulit normal.
Kesalahan penanganan dalam mengobati jerawat bisa berakibat buruk yaitu bisa menyebabkan wajah bertambah jerawat, bernanah, jerawat bisul, kulit tambah cacat dan bopeng lebih dari itu bahkan bisa sampai mengalami infeksi berat. Maka dalam mengatasi jerawat harus diperlukan penanganan yang hati-hati dan prosedur yang baik dan benar sehingga masalah jerawat dapat secara tuntas terselesaikan. 

Bila sebelumnya telah dibahas ciri-ciri orang hamil yang tentunya dalam hal ini wanita bersama pasangannya dapat lebih mengenali tanda-tandanya akan hadirnya buah hati, maka jerawatpun perlu juga lebih dikenali beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat sehingga bisa mewaspadai agar tidak memiliki jerawat dan bila sudah berjerawat dapat menjaga kondisi dan lebih berhati-hati dalam keseharian agar jerawat cepat hilang.

Faktor-Faktor Penyebab Jerawat
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Faktor hormon androgen, memungkinkan anak remaja berjerawat karena fungsi hormonnya mulai aktif bekerja lalu bagi wanita sebelum-sesudah menstruasi karena adanya peningkatan hormon.
  • Kosmetik berkadar lemak tinggi (pelembab/moisturizing, night cream, foundation, scrub)
  • Makanan berlemak (kacang, coklat, keju, mentega, gorengan, daging kambing, makanan bersantan, sambal, duren, mangga, nangka dll)
  • Kebersihan wajah tidak terjaga (kurang bersih)
  • Iritasi pada kulit
  • Kurang istirahat (kurang tidur)
  • Stres (gelisah, cemas, khawatir berlebihan)
  • Buang air besar tidak lancar (susah buang air besar secara normal)
  • Gesekan rambut dan handuk secara kasar
  • Jerawat sering dimain-mainkan (pegang, pencet, gosok) akan semakin memperburuk kondisinya.
Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat dan yang bisa memperparah keadaan jerawat maka perlu pemahaman yang baik apa saja yang dibolehkan dan pantangan dalam keseharian agar tidak berjerawat dan bila sudah berjerawat maka agar cepat hilang. Beberapa faktor memang tidak bisa dihindari seperti faktor keturunan namun kita bisa menghindari beberapa faktor lainnya dalam mangatasi penyebab timbulnya jerawat dan agar tidak memperparah jerawat yang ada sehingga akan cepat teratasi dengan cepat.

Menghindari beberapa penyebab jerawat - memperparah keadaan jerawat diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Hindari untuk memegang, menggosok atau memencet jerawat yang bila hal itu dilakukan dapat menyebabkan infeksi sekunder berupa timbul noda dan cacat pada kulit.
  • Hindari pemakaian kosmetik berkadar lemak tinggi agar tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit.
  • Hindari dalam mencuci wajah dengan air panas
  • Hindari pemakaian sabun anti septik yang biasanya mengakibatkan kulit iritasi
  • Hindari olahraga berlebihan terkena langsung sinar matahari yang terik
  • Hindari makanan menganduk kadar lemak tinggi
  • Hindari hal yang membuat stress dan cobalah untuk istirahat yang cukup
  • Setelah dapat menghindari beberapa faktor yang bisa mengakibatkan jerawat dan memperparah keadaan jerawat langkah selanjutnya adalah mengobati jerawat agar hilang. Dalam penanganan mengobati jerawat secara tepat berprinsip pada hal-hal dibawah ini, yaitu :
  • Menghilangkan penyumbatan kelenjar lemak
  • Membersihkan kulit wajah secara baik dan teratur
  • Menghaluskan kulit wajah yang telah rusak akibat jerawat
Maka yang perlu dilakukan cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara aman baik dan benar agar cepat prosesnya dan tentunya secara alami akan didapatkan kulit kembali normal adalah sebagai berikut :
  1. Rajin membersihkan wajah
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Perhatikan kebersihan tangan, pakaian dan tempat tidur
  4. Saat gosok gigi, keramas pada rambut lakukan dengan benar karena pasta gigi dan shampo yang terkena pada kulit wajah bila tidak dibersihkan dengan benar dapat mengakibatkan jerawat.
  5. Gaya hidup sehat dengan makan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari dan juga olah raga secara teratur
  6. Kurangi makanan berminyak dan makanan terlalu manis (coklat) dan juga makanan seafood dan telor
  7. Kunjungi Dokter spesialis kulit bila jerawat membandel (pilih dokter spesialis yang dipercaya dan sudah teruji telah banyak membantu mengobati jerawat dan bekas jerawat)
  8. Doa kepada Tuhan (Allah SWT) yang akan mengabulkan segala permintaan hamba-hambanya yang berdoa, berusaha, ikhlas dan sabar
Bila jerawat sudah hilang tetap jaga kesehatan dan kebersihan kulit terutama wajah agar tidak akan timbul kembali jerawat dan hindari beberapa faktor-faktor penyebab jerawat yang telah disebutkan diatas dan tetap jaga pola hidup sehat seterusnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat - Bekas Jerawat Secara Benar Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel