Sitemap

Rabu, 31 Oktober 2012

Resep Tongseng Daging Sapi Kambing Khas Solo Enak

Tongseng merupakan resep makanan istimewa seperti gulai dengan bumbu yang beraroma tajam begitu juga dengan rasanya. Masakan tongseng biasanya menggunakan daging kambing atau juga daging sapi yang biasanya dipilih daging masing melekat pada tulang seperti daging tulang belakang dan juga tulang iga.
Resep Tongseng sebenarnya cukup sederhana yaitu pada umumnya menggunakan daging kambing atau bisa juga diganti menggunakan daging sapi atau kerbau dengan bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari campuran bawang putih, kecap, garam dan lada dengan tambahan pada kuahnya diberi kol dan tomat.
Makanan Tongseng merupakan khas daerah solo dan menyebar luas menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Bila baru-baru ini sedang menjadi trend topik di dunia lalu masuk ke Indonesia sebuah resep rainbow cake yang karena unik layaknya pelangi pada lapisannya dengan pembuatannya yang mudah maka tongseng merupakan makanan yang paling digemari dalam memasak daging sapi/kambing menjadi menu istimewa.

Pada hari raya lebaran bukan hanya resep kue kering lebaran saja layaknya kue nastar tentu perlu sajian menu makanan utama seperti ketupat dan juga lauk seperti tongseng. Terutama hari raya idul adha karena banyaknya daging kurban baik kambing atau sapi maka hampir semua orang mendapat jatah daging tersebut terutama mereka yang berhak mendapatkannya.

Bila sebelumnya telah dibahas Resep Cup Cake maka pada waktu yang tepat setelah hari raya kurban ini akan diberikan cara membuat tongseng kambing atau daging sapi dengan rasa yang enak disertai langkah pembuatannya yang cukup mudah.

Resep Tongseng Kambing - Daging Sapi


Bahan Tongseng :
  • 250 gram daging Kambing atau Daging Sapi
  • 7 lembar daun kol, buang tulang daun dan potong kasar
  • 4 buah cabe merah, iris serong tipis
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • 500 ml santan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan Kecap

Cara Membuat Tongseng Daging Sapi atau Kambing Khas Solo Enak :
  1. Tumis irisan tipis 3 siung bawang putih sampai harum, masukkan irisan 5 butir bawang merah dan 4 cabai merah yang sudah di iris, tumis sampai layu.
  2. Masukkan 250 gram daging Kambing atau Daging Sapi, aduk sampai daging berubah warna dan kaku.
  3. Tuang air secukupnya, tambahkan 4 sendok makan Kecap, 1/2 sendok teh lada bubuk, 2 sendok teh garam, dan 1 sendok teh gula pasir, masak sampai daging lunak, dan kuah kental.
  4. Tuang 500 ml santan, masak sampai mendidih.
  5. Tambahkan 7 lembar daun kol yang sudah dibuang tulang daun dan potong kasar, masak sampai kol matang, tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, aduk sebentar, angkat.
  6. Untuk tambahan bisa menambahkan tomat yang dipotong kasar dan tongseng siap disajikan.

Resep Tongseng Daging Sapi - Kambing Khas Solo Rasa Enak akan didapatkan bila mengikuti langkah yang telah disebutkan dengan pengolahan yang baik dan benar. Cara membuat tongseng tentu sangat mudah sehingga mengolah daging kambing atau daging sapi menjadi menu spesial dan menjadi sajian istimewa dalam keluarga sebagai santapan hangat.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar