Sitemap

Selasa, 22 Januari 2013

Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Lebih Enteng

Cara mempercepat kinerja komputer dan laptop agar terasa lebih enteng alias tidak lambat sehingga dapat meningkatkan produktivitas bekerja maupun lebih cepat dalam menyelesaikan berbagai tugas dan lebih dari itu kegiatan browsing menjelajah dunia internet online lebih nyaman. Untuk mencapai kinerja komputer dan laptop secara maksimal maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk kedepannya akan didapatkan kenyamanan dalam menggunakan komputer ataupun laptop.
Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop Lebih Enteng

Seperti kita ketahui pengertian komputer sebagai media bekerja dan perangkat multimedia dalam membantu berbagai aktivitas kehidupan baik dalam meningkatkan produktivitas kerja maupuan dan juga sarana hiburan yang lengkap. Komputer pada saat sekarang ini sudah tidak berdiri sendiri namun dengan saling terhubung maka bisa saling bertukar data dan berbagi informasi atau penggunaan perangkat secara bersama, inilah yang biasa disebut dengan pengertian jaringan komputer beserta dengan kegunaanya.

Manfaat penggunaan komputer ataupun laptop begitu penting dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bekerja sarana hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film dan bermain game online maupun menyelesaikan berbagai tugas dan sebagai alat untuk mencari pendapatan dan juga sudah tidak dipungkiri penggunaan berbagai sistem komputerisasi seperti kereta api komputerline dan berbagai sistem komputerisasi pada perusahaan. Maka diperlukan pemeliharaan dan juga maintain agar kinerja dari komputer berlaku juga untuk laptop bisa secara maksimal dan stabil. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai upaya dalam memelihara dan juga mempercepat kinerja dari komputer dan laptop agar dapat berjalan lebih baik juga lebih maksimal.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop

Bersihkan Fisik Komputer

Mengawali dalam mempercepat kinerja komputer sebelumnya secara fisik sebaiknya komputer dibersihkan bisa menggunakan penyedot debu dan juga kuas, biasanya yang sering bermasalah dengan debu yaitu fan dan heatsink prosesor. Heatsink (Fan Frosesor) yang tidak berjalan sebagaimana mestinya karena terhambat debu dapat mengakibatkan komputer mati tiba-tiba karena mesin motherboard dan komponen lainnya terlalu panas dan bisa merusak perangkat keras komputer yang lainnya.

Rapikan Desktop

Rapikan berbagai file yang ada di layar desktop, dekstop yang penuh dengan berbagai file akan sulit menemukan aplikasi maupun file data yang dicari dan membuat tampilan tampak berantakan. Maka dari itu buatlah folder-folder secara khusus dan masukkan berbagai file di desktop sesuai kategori folder yang dibuat sehingga akan lebih mudah mencari dan juga untuk file yang tidak berguna sebaiknya di delete saja agar tidak memenuhi space.

Pindahkan File Data berukuran besar ke Harddisk Eksternal

Harddisk komputer atau laptop dengan seiring pemakaian dan penggunaan maka semakin banyak file-file data dan akan terus memenuhi space pada harddisk, maka ada baiknya untuk file data yang berukuran besar di pindahkan ke harddisk eksternal agar harddisk internal pada komputer dapat bekerja secara maksimal dan dari sisi keamanan juga lebih terjamin dan akan bermanfaat bila sewaktu-waktu terjadi masalah pada komputer.

Hapus dan bersihkan file multimedia yang tidak diperlukan

Komputer dan laptop merupakan perangkat yang bukan sekedar membantu produktivitas namun juga sebagai sarana hiburan multimedia yang lengkap, namun sudah dapat dipastikan file-file multimedia seperti mp3 dan video baik musik maupun film semakin lama semakin banyak. Maka untuk film-film yang sudah sering ditonton dan jadul atau tidak bermanfaat lebih baik di hapus saja dan untuk file multimedia coba periksa dan bersihkan yang tidak diperlukan atau ada yang duplikat sehingga memenuhi kapasitas dari tempat penyimpanan pada komputer dan laptop.

Rapikan dan bersihkan Email

Penggunaan komputer dan laptop sudah pastinya di saat sekarang ini sudah saling terhubung dalam sebuah topologi jaringan komputer baik Local Area Network ataupun secara global terhubung ke jaringan internet online sehingga dapat mengakses berbagai informasi dan juga bertukar data yang salah satunya penggunaan Email. Cukup banyak penyedia layanan email gratis seperti bisa menggunakan Gmail Indonesia namun biasanya dalam sebuah instansi mereka sudah memiliki hosting email sendiri dengan nama domain dari instansi maupun perusahaan yang bersangkutan. Dalam manajemen Email, sebaiknya rapikan Email dan untuk Email Spam atau sampah langsung di hapus, untuk file lama yang sudah tidak berguna juga lebih baik didelete agar tidak menghambat penggunaan email untuk selanjutnya.

Mengatur dan Manajemen Harddisk

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras pada komputer untuk menyimpan berbagai file data maupun file multimedia, maka diperlukan untuk memanajemennya agar dapat bekerja secara maksimal bisa menggunakan bawaan standarnya yaitu pada windows bisa menggunakan berbagai tools yang disediakan misalnya disk clean up, defrag dan lain sebagainya. Lalu Atur letak dari setiap file dengan baik dalam folder yang sesuai dengan kategori yang disesuaikan, biasanya pada harddisk partisi dibuat minimal 2 yaitu C untuk sistem dan D untuk Data, maka untuk berbagai file data dan multimedia lebih baik letakkan di Partisi D untuk mempercepat dan juga keamanan bila terjadi kerusakan pada sistem komputer.

Mengatur Program Autostart

Pada saat komputer atau laptop di hidupkan/dinyalakan maka diawali dengan proses booting dan menjalankan berbagai aplikasi program autostart, jadi semakin banyak program yang dijalankan diawal maka semakin berat untuk loading diawal masuk kemenu utama. Untuk itu harus diatur agar komputer atau laptop dapat loading dengan cepat di awal proses caranya yaitu pada Windows XP masuk ke Run dan ketikkan msconfig dan pada windows 7 hampir sama saja, lalu pada tab startup disable all dan aktifkan program aplikasi yang diperlukan. Untuk Windows 8 bisa membuka task manager lalu pilih tab startup dan atur program bisa dengan disable yang tidak diperlukan dan enable yang ingin dijalankan.

Scan Virus, Malware dan Variannya Menggunakan Antivirus

Penggunaan antivirus akan membantu keamanan file data pada saat melakukan pertukaran data menggunakan flasdisk atau secara langsung pada jaringan komputer dan juga secara online, dengan antivirus terbaik 2013 akan dapat mengamankan secara maksimal segala kegiatan tersebut. Bila komputer terkena virus atau malware beserta variannya maka akan membuat komputer kinerjanya sangat lambat dan memakan memori yang besar dan juga bisa merusak file data pada harddisk lebih dari itu virus juga bisa menduplikasi file yang akan memakan space harddisk. Maka lakukan scan secara reguler setiap untuk menghindari hal tersebut, biasanya antivirus terbaik yang ada sudah secara otomatis terjadwal melakukan scan sistem dan data komputer.

Bersihkan Cookies, browsing history dan log installasi

Pemakaian komputer baik offline maupun online akan membuat log history dari setiap kegiatan yang dilakukan, semakin banyak akan semakin memenuhi space pada komputer dan bisa memperlambat proses kinerja komputer. Maka dari bersihkan berbagai file sampah yang tidak berguna dan juga cookies maupun history yang kurang berguna setelah berselancar didunia maya.

Gunakan Komputer dan Laptop seperlunya

Menggunakan komputer dan laptop secara bijak sesuai dengan kebutuhan akan membuat perangkat penting tersebut lebih awet dan juga lebih hemat penggunaan listrik. Banyak pengguna komputer yang sering menyalakan komputer secara terus menerus tanpa dimatikan dari hari kehari dan hal ini biasanya terjadi di tempat kerja. Kinerja komputer dan laptop seiring dengan penggunaan secara bijaksana dan perawatan yang baik dan juga pengaturan berbagai file data pada tempatnya.

Perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang cukup banyak dalam perkembangan komputer dan laptop, maka seiring itu komputer hadir dengan teknologi terbaru baik dari perangkat keras maupun lunak dengan berbagai keunggulan yang diberikan. Komputer pada saat sekarang ini memiliki kecepatan yang luar biasa dibandingkan dengan komputer generasi pertama waktu dulu, berbagai aplikasi untuk mempercepat kinerja juga telah hadir baik yang berbayar maupun versi gratisnya untuk digunakan sesuai dengan keperluan. Namun perlu diwaspadai ada beberapa aplikasi yang berbahaya menyamar sebagai tools yang berguna, untuk itu dalam menggunakan berbagai aplikasi untuk komputer maupun laptop harus sudah mencari mengenai program aplikasi yang bersangkutan baik dari testimonial penggunanya maupun dari para pengguna internet lainnya. Jadi banyak Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop agar lebih enteng dan berjalan dengan baik bisa dilakukan dengan membersikan secara fisik dan juga manajemen berbagai file dalam tempat penyimpanan dan juga penggunaan berbagai aplikasi dalam manajemen dan mempercepat kinerja komputer maupun laptop.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar