Tips Berkendara Mobil-Motor Saat Musim Hujan

Tips berkendara mobil-motor saat musim hujan untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat berada di jalan pada musim hujan. Kelalaian pengendara serta ketidakpedulian saat berkendara dapat berakibat fatal apalagi saat musim hujan dimana kondisi jalan semakin lebih sulit untuk dilalui dan rawan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Pada saat ini di bulan januari kalender 2013 hujan terus mengguyur hampir diseluruh wilayah di Indonesia khususnya Jakarta sebagai Ibukota negara, hujan terus menerus mengakibatkan berbagai tempat banjir sehingga jalananpun ikut terendam, untuk itulah bagi para pengedara sepeda motor maupun mobil perlu waspada saat melaju di jalan yang basah atau terendam air kemungkinan kondisi jalan licin dan tidak rata maupun hal lain yang bisa berakibat fatal. Dari berita dan informasi yang didapatkan hujan yang terus menerus mengguyur berbagai wilayah mengakibatkan banjir, bahkan jalur kereta api ikut terendam sehingga transportasi jalur cepat itupun lantas diberhentikan operasi sampai jalur aman kembali.

Hati-hati dan Konsentrasi adalah cara terbaik saat berkendara dijalanan baik pada saat hujan maupun tidak hujan, namun untuk kondisi hujan harus lebih berhati-hati apalagi sampai jalanan banjir terendam air yang cukup dalam. Berikut ini weblog berikan tips dan trik yang bisa sebagai wacana yang menarik dan bisa diambil manfaatnya dalam berkendara di musim hujan bagi pengendara mobil dan juga sepeda motor.

Tips Aman Berkendara Mobil-Motor Saat Musim Hujan

Tips dan Trik Berkendara Pada Saat Musim Hujan
  1. Sebelum berkendara cek seluruh perlengkapan dan juga kelengkapan anda dan kendaraan, untuk kendaraan cek lampu bila kurang baik seperti redup atau mati segera ganti dengan yang baru dan ban periksa tekanan angin antara ban depan dan belakang.
  2. Saat berkendara cobalah konsentrasi dan dengan kecepatan yang standar jangan sampai terlalu tinggi yang mana cenderung dapat menyebabkan kendaraan sulit untuk dikendalikan, kondisikan kecepatan sesuai dengan kondisi jalanan.
  3. Hidupkan lampu depan pada saat hujan untuk memberikan penerangan yang baik sekaligus sebagai penanda untuk pengendara yang lain tentang keberadaan anda.
  4. Bila hujan terlalu deras ada baiknya berhenti karena biasanya berakibat pada jarak pandang kedepan yang sangat terbatas, namun bila tetap harus melanjutkan harus dengan kecepatan yang rendah dan selalu waspada.
  5. Apabila jalanan terendam air hujan sampai pada ketinggian roda maka segeralah kurangi kecepatan, melajulah dengan kecepatan yang rendah saja. Namun bila air jalanan semakin tinggi maka sebaiknya berhenti mencari tempat yang lebih tinggi untuk menghindari kendaraan terendam air yang menyebabkan mesin terendam dan mati sehingga tidak bisa berjalan atau dihidupkan. 
  6. Saat berhenti untuk istirahat dan menghindari air yang cukup dalam dijalanan, bisa mencari informasi dari internet mengenai jalur yang bebas hambatan dan terbaik untuk dilalui, sudah cukup banyak situs yang menyediakan informasi seperti itu atau bisa mengisi waktu dengan bermain game online ataupun hal lain untuk menyegarkan diri anda sehingga saat kembali berkendara dalam kondisi yang prima.
  7. Jika ingin terus menerjang air jalanan yang cukup tinggi maka sebelum memutuskan hal tersebut ada baiknya pastikan kendaraan mampu untuk melewati medan tersebut, perlunya perhitungan ground clearenca pada mobil dan posisi knalpot pada motor dan juga sistem pengapian pada kendaraan terhindar dari terendamnya air. Tidak semua kendaraan mampu melewati kondisi jalanan yang posisi airnya cukup tinggi baik mobil ataupun motor baru tetap kenali dan harus ketahui keadaan dari setiap kendaraan yang kita pakai.

Beberapa tips dan trik diatas dapat diterapkan saat berkendara dijalanan terutama pada musim hujan yang menyebabkan jalanan basah atau banjir yang tidak bisa terelakkan. Dalam berkendara apapun cuaca dan kondisinya tetap harus patuhi setiap rambu-rambu lalu lintas yang ada dan berlaku untuk keselamatan anda dan pengendara lainnya dan juga para pejalan kaki. Jangan lupa dalam berkendara kondisi anda sebagai pengendara harus dalam keadaan yang baik (fit segar bugar tidak dalam keadaan sakit atau mengantuk) dimana hal tersebut agar aman dan nyaman dalam berkendara.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berkendara Mobil-Motor Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel