Sitemap

Rabu, 15 Januari 2014

Menu Makanan Diet Sehat Alami Cara Menurunkan Berat Badan

Ingin tubuh ideal ? Perlunya diet sehat dengan mengatur pola makan yang baik dan memperhatikan Menu Makanan Diet Sehat yang dikonsumsi disetiap harinya. Salah satu Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami sehingga bentuk tubuh ideal yang diinginkan secara sempurna dapat terwujud juga memperhatikan menu makanan yang baik untuk diet. Makanan mempunyai andil sangat penting dalam membantu membentuk dan mempertahankan bentuk tubuh yang ideal dan sempurna ataupun sebaliknya bisa menyebabkan kegemukan bila salah memilih menu makan yang tidak sehat bergizi.

Tubuh ideal tentunya membuat hari lebih indah karena kondisi tubuh terjaga kebugarannya dan kesehatan stabil. Tubuh Ideal yang sehat dapat diperoleh dengan makan menu makanan sehat bergizi disertai olah raga yang teratur. Bila tubuh kegemukan maka tubuh terlihat tidak sempurna dan rawan datangnya penyakit karena adanya metabolisme pada tubuh yang tidak teratur, namun lain hal pada ciri-ciri orang hamil yang mereka para wanita hamil gemuk karena hal lain.

Bila tubuh kegemukan cenderung mudah letih dan bisa mengakibatkan stress, bila demikian kemungkinan pada tubuh mengendap toksin atau racun yang disebabkan karena konsumsi makanan kurang sehat ditambah polusi udara dan air yang mempengaruhinya sehingga semakin banyak penumpukan toksin/racun dalam tubuh.

Secara alami dari yang weblog pelajari memang tubuh memiliki kemampuan untuk secara otomatis membuang racun/toksin yang masuk dalam tubuh, namun apabila toksin yang masuk kedalam tubuh terlalu banyak melebihi kemampuan tubuh untuk menatralisir maka akan terjadinya penumpukan yang bisa menyebabkan kegemukan. Bila sudah seperti itu maka diperlukan kerja keras untuk mengeluarkan toksin/racun yang ada dalam tubuh.

Penumpukan toksin/racun dalam tubuh membuat pencernaan tidak berjalan sebagaimana mestinya, dalam hal ini makanan yang dikonsumsi tidak secara sempurna dicerna dan diserap karena tubuh secara alami sibuk membuang toksin yang ada. Hal ini yang mengakibatkan banyak orang sering kembung, kurang bergairah, mudah stress yang semakin meningkatkan berat badan secara cepat.

Untuk itu diawali dengan memilih makanan secara cermat yaitu menu sehat yang kandungan bahan segar baik untuk tubuh.


Menu Makanan Diet Sehat Alami Cara Menurunkan Berat Badan

Menu Sarapan Sehat (Pagi)

Oatmeal (200-320 kkal)

Sarapan Oatmeal yang terlebih dahulu sudah dimasak lalu campurkan satu sendok teh madu, kayu manis bubuk dan flaxseed, bisa ditambahkan susu kedelai dan juga tambahan walnut cincang ataupun potongan buah segar.

Campurkan kayu manis bubuk, satu sendok teh madu, dan flaxseed ke dalam oatmeal yang sudah diseduh atau dimasak. Jika ingin menambahkan susu, gunakan susu kedelai. Tambahkan walnut cincang atau potongan buah segar.

Yogurt ditambah buah/kacang/oatmeal (200-300 kkal)

Campur yogurt plain tanpa lemak dengan potongan buah, 1 sendok makan madu, dan ½ cup oatmeal mentah. Jika ada ada baiknya tambahkan flaxseed, almond, dan walnut. Menu makanan ini sangat bermanfaat bagi pencernaan dan juga bisa meredam stres.

Roti ditambah telur rebus dan buah (200-280 kkal)

Olesi roti gandum utuh dengan mustard, setelah itu beri telur rebus. Sajikan dengan buah-buahan segar.
Snack pagi

Makanlah buah segar yang dicampur ½ cup yogurt plain, potongan wortel, potongan mentimun, atau potongan paprika. Makan buah-buahan membantu tubuh dalam mencerna makanan lebih cepat.

Menu Sehat Makan siang

Nasi merah dan kacang-kacangan (300 kkal)

Lengkapi 100 g nasi merah dengan 75 g kacang-kacangan jenis buncis (misalnya kacang merah, buncis, kapri, atau kecipir), dan sayur-sayuran. Menu seperti ini akan membuat kenyang sekaligus dapat membantu sistem pencernaan karena kaya akan serat.

Salad berprotein (250-450 kkal)

Campur selada, bayam, kubis, mentimun, bawang bombay, tomat, paprika, wortel, brokoli, dan kembang kol di dalam wadah. Bumbui dengan minyak zaitun, cuka, jus lemon, serta garam dan merica. Beri topping cottage cheese, kacang merah, atau telur rebus. Sayur dan buah untuk salad dapat dipilih sesuai selera.

Sandwich sarden (300 kkal)

Panggang 2 lembar roti gandum utuh, tambahkan sarden. Menu ini kaya mineral, kalsium, vitamin, dan asam lemak omega 3.

Menu Sehat Makan malam

Pizza sayuran (350 kkal)

Siapkan pita bread, taburi mozzarella parut, tomat segar, basil, garam, dan merica. Panggang dalam oven toaster sampai keju meleleh dan tomat menjadi layu.

Ikan dengan kentang dan salad (350 kkal)

Bakar ikan dengan lemon. Sajikan dengan kentang rebus yang dilumuri minyak zaitun, daun ketumbar, dan salad.

Snack malam

Kacang-kacangan, popcorn buatan sendiri, serta buah/sayur segar.

Makan 3 kali sehari dengan menu sehat akan meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh mengeluarkan racun atau toksin. Pola makan sehat juga tentunya disesuaikan dengan kondisi keadaan tubuh dari setiap orang, bila diiringi dengan olah raga yang teratur dan minum air putih minimal perharinya terpenuhi maka akan didapatkan hasil yang maksimal. Bagi mereka yang ingin tahu Cara Menghilangkan Jerawat secara alami salah satunya yaitu dengan makan makanan yang sehat bergizi dan menerapkan pola hidup bersih.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Diet

Diet merupakan salah satu cara hidup sehat yang banyak digunakan orang untuk menurunkan berat badan, diet yang baik adalah diet yang rendah kalori dan memiliki gizi yang seimbang. Kebanyakan orang ingin hasil secara instan namun hal ini cenderung berbahaya bagi kesehatan, maka perlu melakukan diet secara bertahap sesuai kemampuan tubuh disesuaikan dengan faktor kondisi internal pada tubuh. Maka diperlukan pendidikan pola hidup sehat dimulai dari menu makanan dan cara tepat diet sehat, bila diperlukan bisa berkonsultasi dengan dokter kesehatan yang pakar dibidangnya.

Cara diet yang baik adalah mengurangi makanan secara bertahap disesuaikan dengan faktor internal seseorang seperti berat badan, tinggi badan, umur, jenis kelamin, penyakit yang diderita dan juga pola kebiasaan makan. Pola kebiasaan makan maksudnya bila biasanya makan 4 piring setiap harinya maka coba dikurangi porsinya menjadi 3 piring lalu 2,5 dan 2 piring atau bisa disesuaikan dengan porsi pengurangan bertahap mengikuti kondisi tubuh.

Cara memasak juga ikut mempengaruhi dalam menurunkan berat badan, makanan yang digoren dan yang bersantan sangat tidak dianjurkan. Disarankan untuk mengolah makanan dengan cara di rebus, kukus, tumis, pepes atau dipanggang bila ingin makan makanan yang lebih sehat.

Coba hindari makanan yang banyak mengandung gula berlebihan seperti cokelat dan permen dan juga minuman yang manis. Untuk konsumsi makanan berkalori pada makan pagi, siang maupun malam harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi pada pagi hari, siang dan malam hari sebaiknya mengandung semua zat bergizi secara lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sumber karbohidrat dan sumber protein. Sumber karbohidrat seperti roti gandum, havermut, nasi merah, dan makanan berkabohidrat lainnya, lalu untuk makanan sumber protein bisa didapat dari dada ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, tahu, tempe, dan lainnya, untuk sumber protein disarankan yang memiliki kadar rendah lemak.

Menu Diet Sehat Mehmet Cengiz Oz (Dr Oz) dalam buku Fun, Easy and Smart Diet

Dr Oz merupakan dokter spesialis asal Amerika Serikat yang sering mengupas tuntas masalah kesehatan, dalam salah satu buku memberikan pilihan menu praktis untuk diet sehat.

Menu Sarapan Sehat

Sarapan bagi yang menyukai sereal bisa masak gandum disertai susu kedelai yang dilengkapi vitamin D dan kalsium, disertai makan buah-buahan favorit dengan porsi keseluruhan sekepalan tangan.

Atau menu sarapan sederhana yaitu 3 putih telur dan sebutir telur utuh lalu lengkapi dengan aneka sayuran di potong-potong lalu didadar. atau pilihan lainnya 2 butir telur direbus dimakan dengan 2 potong sosis yang bisa digantikan dengan tahu.

Lebih mudah lagi bisa membuat selembar roti gandum dengan diberikan olesan sesendok selai kacang atau selai apel sebagai menu sarapan sehat yang praktis dan sederhana.

Menu Makan Siang

Menu makan siang bisa membuat salad dari 6 butir kenari disertai sayuran yang anda sukai dengan dicampur 4 ons daging ikan salmon atau bisa diganti dengan dada ayam ditambah dengan cuka balsamic dan juga minyak zaitun dengan jumlah perbandingan 2 berbanding 1.

Menu makan siang sehat lainnya bisa mencoba burger sayuran disertai kue gandum panggang yang di olesi sesendok minyak zaitun, untuk menambah kelezatan bisa dicampur saus rendaman daging, irisan tomat, daun selada, bawang merah dan bayam.

Menu Makanan Kudapan

Menu kudapan pada pagi dan sore bisa memilih buah-buahan dan kacang-kacangan, contohnya 1/2 ons kacang tanah mentah dicampur dengan buah apel, pisang, pir, jeruk, lemon, kiwi, buah beri dan buah-buahan lainnya.

Sebagai alternatif menu kudapan yaitu setengah cangkir sereal gandum dicampur dengan setengah cangkir kacang almond dan buah beri dan juga kismis kering. Atau bisa mencoba secangkir sayuran tumis dimakan bersama dengan roti gandum.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan cara Diet diawali memilih menu Makanan Sehat untuk dimakan baik pada sarapan, makan siang dan malam. Lalu lakukan olah raga secara teratur agar kesehatan terjaga, pada saat melakukan olah raga yang pertama kali yang dikeluarkan adalah lemak yang ada diperut, dari sini akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bila dilakukan secara teratur. 

Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas perhari atau 1.5 liter sampai 2 liter perhari, air adalah zat pelarut yang baik dapat melarutkan gula, minyak, dan lemak yang tentunya akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Hindari stres pekerjaan atau karena faktor lainnya yang bisa merusak pola diet maupun pola hidup sehat, bisa dengan menghibur diri dengan melakukan hal positif yang disukai seperti menonton film bioskop terbaru bersama teman-teman atau pasangan.

Jadi makanan sehat sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hidup yang sehat dan juga disaat melakukan diet sehat ataupun bila ingin menurunkan berat badan secara baik dan benar dengan tidak terganggu kesehatan dan tentunya perlu diiringi dengan aktivitas dan istirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh dan ini tergantung dari beberapa faktor baik jenis kelamin, umur dan kondisi tubuh. Inilah beberapa tips kesehatan yang sangat baik untuk diketahui juga dilaksanakan untuk memperoleh hasil yang maksimal agar tubuh sehat dan terasa segar bugar dengan penuh kebahagian dan mampu beraktivitas secara optimail.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar