Sitemap

Senin, 27 Januari 2014

Resep Cara Membuat Sambal Ikan Roa Asli Manado

Ikan Roa dikenal juga sebagai Garfish, ikan Cucut (Swordfish) dan sering disebut ikan terbang (Flyingfish) juga ikan julung-julung dibeberapa daerah atau sebutan lainnya yang pada target ikannya sama saja. Di Manado dikenal sambal yang enak rasanya dengan memanfaatkan Ikan Roa, dari manado resep sambal ikan roa kemudian menjadi menu makanan penunjang makanan utama yang dikenal ke berbagai pelosok tanah air dan juga mancanegara karena sambal tersebut rasanya lezat juga bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Karena asalnya sambal ikan roa dari manado maka ada kesulitan dalam distribusinya terutama bahan ikannya yaitu ikan roa yang harus didatangkan dari sana, walaupun ikan roa ada yang tersebar di beberapa wilayah tanah air. Tapi dengan kemajuan teknologi transportasi ikan roa lebih mudah didapatkan dipasar ikan dan bahkan ada yang menjual sudah dipanggang atau dibakar asap.

Media informasi online weblog telah memberikan berbagai resep makanan yang menarik dari Resep Rainbow Cake yang pernah menjadi trendy topik di belahan dunia, lalu ada Resep Donat Kentang yang menjadi makanan santai di berbagai waktu dan mudah untuk dibawa sehingga bisa untuk oleh-oleh juga. Tidak lupa juga pernah membahas berbagai Resep Kue Kering yang unik untuk disajikan baik diberbagai kesempatan untuk hidangan keluarga atau disaat lebaran tiba.

Ikan roa yang sudah dipanggang atau bakar asap dapat dimanfaatkan lagi menjadi menu lain yang lebih nikmat yaitu menjadi sambal ikan roa dengan resep mudah dan sederhana baik bumbu sambal ikan roa yang siapa saja bisa mencoba untuk membuatnya.

Berikut akan diberikan informasi bahan-bahan pembuatan sambal ikan roa dan juga tata cara pengolahannya yang sangat mudah.

Resep Cara Membuat Sambal Ikan Roa Asli Manado


Bahan Sambal Ikan Roa :
100 g ikan roa sudah dipanggang
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1 buah tomat merah, potong kotak kecil
50 ml minyak goreng

Bumbu Halus Sambal Ikan Roa :
10 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah
10 buah bawang merah
6 siung bawang putih

Cara Membuat Sambal Ikan Roa :

  1. Buang kulit dan tulang ikan roa panggang, suwir-suwir lalu haluskan.
  2. Sangrai daging ikan roa hingga harum, sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan roa, aduk rata. Setelah itu bumbui garam, gula, dan tomat. Aduk rata.
  4. Hidangkan sambal ikan roa dengan bubur Manado atau tinutuan.

Note :
  • Resep Sambal Ikan Roa diatas disajikan untuk 8 Porsi
  • Waktu yang diperlukan 20 Menit

Bagaimana sambal ikan roa buatan anda ?, mudahkan cara membuat sambal ikan roa ? resep ini merupakan resep standar yang sudah diuji coba dengan hasil yang memuaskan dengan rasa sambal ikan roa lezat dan nikmat menjadi menu makanan tambahan untuk disajikan.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar