Sitemap

Rabu, 12 Februari 2014

Jangan Sepelekan Penyakit Flu dan Batuk

Batuk berdahak, panas dingin, demam, dan sakit kepala merupakan beberapa gejala bronkitis akut. Bronkitis akut merupakan salah satu dari jenis bronkitis yang timbulnya cepat dan berlangsung dalam waktu yang tidak lama, biasanya 1 sampai 3 minggu. 

Jangan Sepelekan Penyakit Flu dan Batuk

Biasanya dimulai dengan batuk kering yang dipicu oleh peradangan pada saluran bronchus. Setelah beberapa lama, timbul dahak kental yang berwarna putih, kuning, atau hijau. Saat bernapas, dada rasanya seperti ditekan sesuatu sehingga terasa berat dan tarikan napas menjadi pendek-pendek.

Sementara itu, gejala bronkitis kronis biasanya timbul ketika seseorang telah beberapa kali mengalami bronkitis akut. Bronkitis kronis berlangsung lebih lama, yaitu sekitar 3 bulan sampai bertahun-tahun. Batuk-batuk yang parah dan lama, napas yang pendek dan bersuara biasanya sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Pada tahap ini, penderita tidak lagi mengalami demam atau panas dingin. Namun, semakin lama napas akan menjadi semakin sulit karena peradangan yang kian parah.

Bronkitis disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejalanya mirip dengan flu biasa, tetapi dengan jangka waktu yang lebih lama. Virus ini dapat menyebar lewat media udara, bersumber dari batuk penderita bronkitis. Bisa juga menular lewat tangan (sesudah bersentuhan dengan penderita bronkitis yang menutupi batuknya dengan tangan) yang kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata. Perokok dan penderita asma juga memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk terkena penyakit bronkitis.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar