Sitemap

Jumat, 07 Februari 2014

Perangkat Komputer - 3 Komponen Utama Komputer

Perangkat komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak bisa dipisahkan sehingga sebuah komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Memahami pengertian komputer yang merupakan kumpulan berbagai alat elektronik saling bekerjasama dalam kendali kontrol program yang pada prinsipnya dapat menerima data lalu mengolah data dan terakhir dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

3 Komponen Utama Komputer

Perangkat Komputer - 3 Komponen Komputer Hardware Software Brainware
  1. Hardware adalah Perangkat Keras Komputer yang merupakan peralatan dapat terlihat juga dirasakan secara fisik dari komputer. Terdiri dari Perangkat Input/Output seperti keyboard dan Scanner, Perangkat penyimpanan seperti harddisk, Monitor untuk menampilkan apa yang kita kerjakan menggunakan komputer contohnya bila kita memutar film terbaru maka monitor akan menampilkan gambar secara visual film tersebut dilayar, lalu ada Central Procesing Unit (CPU)
  2. Software adalah Perangkat Lunak Komputer yang merupakan kumpulan program dalam menjalankan aktivitas penggunaan komputer, Seperti Sistem Operasi (OS) dan Program Aplikasi.
  3. Brainware adalah User yang merupakan semua orang yang terlibat secara langsung dalam penggunaan komputer.

Komputer berkembang seiring waktu dari komputer generasi pertama yang sampai saat ini memasuki era digital membuat komputer semakin maju secara pesat, penggunaan komputerpun semakin menjadi kebutuhan wajib dalam berbagai aktivitas. Komputer bentuknyapun semakin portablet dari masa ke masa mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan penggunanya.

Di perkantoran dan berbagai departemen baik swasta ataupun pemerintahan, komputer dapat saling terhubung membentuk jaringan komputer yang tentunya dengan cara seperti ini komputer akan dapat saling bekerjasama baik berbagai data ataupun berbagai kegiatan lainnya. Dengan menerapkan topologi jaringan komputer maka akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kelebihan dari setiap jenis topologi yang ada.

Jaringan komputer dalam skala dunia terhubung menjadi satu kesatuan yang biasa kita kenal dengan istilah internet, secar singkat pengertian internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain menggunakan aturan TCP/IP sehingga memungkinkan untuk dapat saling mengakses informasi dan bertukar data satu sama lain.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar