Sitemap

Rabu, 02 Januari 2019

Mengenal Jenis Komponen yang Ada di Laptop Terbaru

Di era kecanggihan teknologi saat ini, laptop menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki untuk menunjang aktivititas sehari-hari. Fungsi dari produk ini sangat beragam, bahkan banyak juga yang memanfaatkannya sebagai media untuk bermain game. Semakin banyaknya pilihan justru membuat calon pembeli pusing memilih produk yang sesuai. Ada dua faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop terbaru, yaitu budget yang dimiliki dan kebutuhan.

Laptop Terbaru Core i9

Spesifikasi apa saja yang ada di laptop terbaru?

Pembeli yang masih awam kurang memahami pentingnya mengetahui spesifikasi pada laptop terbaru. Jika hanya berpatokan pada merk dan harga saja, tidak memberi jaminan kinerjanya akan maksimal. Ada beberapa pengguna yang memakai laptop hanya untuk aktivitas ringan saja. Jika begitu, maka spesifikasi yang diperlukan tidak perlu terlalu tinggi. Berbeda untuk gamer serta editor, sangat butuh perangkat yang kinerjanya cepat dan optimal. Ada beberapa komponen laptop yang perlu diketahui sebelum menentukan pilihan dan membeli perangkat tersebut, diantaranya adalah:

1. Layar

Layar menjadi salah satu komponen penting dari laptop. Fungsinya sebagai monitor sehingga memudahkan pengoperasian beberapa program yang sudah terinstall didalam perangkat tersebut. Saat ini, ukuran layar laptop cukup bervariasi mulai dari 11 inci hingga 18 inci. Untuk lebih menghemat energi, laptop terbaru harga murah sudah menggunakan layar LCD sehingga baterei bisa tahan lebih lama.

2. Prosesor

Fungsi seluruh komponen yang ada dalam laptop hanya bisa bekerja dengan perintah dari prosesor. Disini peran komponen tersebut adalah sebagai otak dan letaknya berada di motherboard. Jenis prosesor yang terkenal dan bersaing dengan sangat ketat ada dua, yaitu Intel dan AMD. Kedua produk tersebut terus mengalami perkembangan. Prosesor Intel yang terbaru saat ini adalah Intel Core i9 dengan kecepatan clock hingga 4,4 GHz. Sedangkan AMD versi terbaru adalah Ryzen 7 2800H dengan clock mencapai 3,86 GHz.

3. RAM

RAM atau Random Acces Memory adalah salah satu komponen yang bekerja untuk memproses data sementara. Semakin tinggi kapasitasnya, maka semakin banyak program yang dapat dijalankan. Pemilihan RAM harus disesuaikan dengan spesifikasi prosesor agar kerjanya bisa beriringan. Besarnya RAM untuk laptop cukup bervariasi mulai dari RAM 1 GB hingga RAM 32 GB. Bagi gamers, tips memilih laptop terbaru selain melihat jenis prosesor, juga harus memilih RAM dengan spesifikasi tinggi agar game bisa dimainkan dengan nyaman tanpa perlu loading.

4. Hard disk

Ruang penyimpanan dalam laptop terbaru berupa Hard disk atau sering disingkat dengan HDD. Besarnya kapasitas yang disediakan juga beragam. Namun untuk laptop generasi terbaru saat ini, rata-rata HDDnya sangat mumpuni antara 500 GB hingga 1 TB. Semakin besar hard disk yang dimiliki oleh laptop, maka semakin banyak file dan aplikasi yang dapat tersimpan.

5. VGA

Video Graphic Accelerator atau yang dikenal dengan VGA merupakan sebuah komponen yang berfungsi menampilkan data grafis pada monitor. VGA ini juga memiliki prosesor yang disebut dengan GPU serta memerlukan memori untuk menunjang kinerjanya. Produsen dari komponen graphic tersebut di Indonesia sebagian besar dikuasai oleh NVIDIA dan ATI. Semakin tinggi kualitas grafis yang disematkan kedalam laptop terbaru, maka semakin bagus pula tampilan grafis yang disajikan. Komponen ini wajib memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk perangkat yang dipakai oleh desainer grafis, editor, serta para gamers.

6. Komponen lainnya

Selain kelima spesifikasi diatas, masih ada beberapa komponen pendukung lainnya seperti WI-FI, Kamera, USB port, Bluetooth, dan LAN. Fitur terbaru saat ini yang ditanamkan kedalam laptop adalah card reader. Selain itu ada satu spesifikasi utama yang membedakan perangkat ini dengan notebook yaitu DVD-RW. Komponen tambahan yang disebutkan tadi bisa saja berbeda antara merk yang satu dengan yang lainnya, jadi calon pembeli harus benar-benar teliti agar bisa memperoleh produk yang tepat.

Untuk mendapatkan rekomendasi laptop terbaru 2018, konsumen bisa mengunjungi salah satu marketplace terbesar dan terpercaya, Bhinneka.com. Produk laptop yang ditawarkan sangat banyak jenisnya dengan rentan harga yang cukup lebar. Calon pembeli bisa mendapatkan perangkat yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Tak perlu keluar rumah karena pembelian bisa dilakukan secara online dan dijamin 100% aman.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar