Sitemap

Senin, 27 Mei 2019

Pentingnya Asupan Vitamin Selama Kehamilan

Anjuran untuk memenuhi asupan zat besi setiap harinya ternyata bukan tanpa alasan. Pasalnya, Pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil, protein di dalam sel darah merah yang membawa oksigen menuju sel-sel lainnya, di dalam tubuh. Zat besi juga merupakan komponen penting dalam pembentukan myoglobin (protein yang menyuplai oksigen ke otot), kolagen (protein dalam tulang, tulang rawan, dan jaringan ikat), serta enzim lainnya. Dan yang tidak kalah penting, mineral yang satu ini berfungsi menjaga sistem imun di dalam tubuh.

Vitamin Zat Besi Selama Kehamilan

Bagi wanita yang sedang melakukan program kehamilan atau sedang hamil, wajib untuk memenuhi asupan zat besi, bahkan jauh lebih banyak daripada biasanya. Bila sebelum hamil zat besi yang dibutuhkan hanya sekitar 18 mg, maka selama hamil bertambah menjadi 27 mg setiap harinya. Banyak wanita yang didiagnosa kekurangan zat besi di awal kehamilannya. jumlah darah dalam tubuh bertambah ketika hamil, yaitu sekitar 50 persen dari yang seharusnya. Oleh sebab itu, wanita membutuhkan zat besi ekstra untuk membuat lebih banyak hemoglobin.

Apa yang terjadi jika ibu hamil kekurangan zat besi, Zat besi diperlukan untuk membentuk plasenta serta membantu tumbuh-kembang janin, terutama di trimester kedua dan ketiga. Apabila kekurangan zat besi, ibu hamil berisiko mengalami anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi dapat membuat ibu hamil merasa lemas dan tidak berenergi. Ini dapat ditandai dengan beberapa gejala, seperti pusing, sesak nafas, mata berkunang-kunang, pucat, sulit berkonsentrasi, merasa lesu, selalu mengantuk, dan kram pada kaki. Tubuh pun juga menjadi sulit untuk melawan infeksi.

Masalah ini dapat berisiko besar selama kehamilan, karena diasosiasikan dengan kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, maupun kematian pada bayi. Jika wanita mengalami anemia saat melahirkan, maka ada kemungkinan akan membutuhkan transfusi darah. Maka dari itu asupan zat besi sangat penting bagi ibu hamil karena memberikan manfaat pada saat melahirkan, untuk berbagai informasi anda bisa mengakses laman https://www.guesehat.com/ untuk informasi dan tips kesehatan.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar