Sitemap

Jumat, 28 Juni 2019

Kolesterol Tinggi juga Mengincar Penderita Diabetes

Jangan cuma fokus pada gula darah. Perhatikan juga kolesterol Anda karena kolesterol tinggi juga bisa incar penderita diabetes.

Tentu Anda setuju, saat bicara soal diabetes, pasti tak akan jauh-jauh dari yang namanya gula darah. Namun, siapa sangka diabetes juga berkaitan dengan kadar lemak darah, yakni kolesterol? Ya, nyatanya, terdapat studi yang mengatakan bahwa lebih dari 70 persen penderita diabetes memiliki kolesterol tinggi.

Kolesterol Tinggi

Pernyataan tersebut lantas menimbulkan pertanyaan. Apa yang menyebabkan penderita diabetes juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi?

Nah, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, saat seseorang mengalami diabetes, mereka akan kekurangan hormon insulin untuk memasukkan gula darah ke dalam sel-sel tubuh. Kurangnya jumlah insulin akhirnya membuat gula menumpuk di dalam darah.

“Ketika gula darah itu naik, maka kolesterol baik atau HDL pun akan turun.” jelas dr. Resthie. Turunnya kolesterol baik itulah yang menjadi jalan bagi kolesterol buruk (LDL) untuk naik secara signifikan.

Lebih ‘menyeramkan’ lagi, naiknya kolesterol tersebut tidak kerap kali tidak menimbulkan gejala bagi penderita diabetes. Padahal, kombinasi kenaikan antara gula darah dan kolesterol dapat memicu terjadinya sumbatan di pembuluh darah. Sehingga, hal tersebut membuat penderita diabetes rentan terkena serangan jantung atau stroke ketimbang orang-orang yang kadar gula darahnya normal.

Oleh sebab itu, National Institute of Health merekomendasikan agar penderita diabetes menjaga kadar kolesterol LDL-nya tidak lebih dari 100 mg/dl. Bahkan, mereka yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke sebelumnya, mesti memelihara angka kolesterolnya di bawah 70 mg/dl.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, yaitu:
  • Hindari makanan yang mengandung banyak minyak dan mentega
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan laut, kacang kedelai, kacang merah, dan oatmeal
  • Pilih produk susu yang rendah lemak
  • Singkirkan lemak daging sebelum dimasak
  • Makan banyak sayur dan buah

Jika cara-cara penurunan kolesterol di atas juga dikombinasikan dengan cara untuk menstabilkan gula darah, risiko Anda untuk mengalami komplikasi pun semakin berkurang. Intinya adalah, penderita diabetes wajib memelihara kadar gula darahnya agar tidak turut meningkatkan kadar kolesterol jahat yang dapat berujung pada penyakit kronis lain.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar