Sitemap

Kamis, 12 September 2019

4 Ciri Hiperplasia Endometrium, Kondisi Dinding Rahim yang Menebal

Hiperplasia Endometrium atau penebalan dinding rahim, merupakan salah satu gangguan kesehatan pada rahim, yang lumayan sering diderita oleh wanita. Walau umumnya diderita oleh wanita yang memasuki usia menopause, menebalnya dinding rahim di usia subur dapat mempersulit kehamilan. Dengan mengenali gejalanya, pemulihan kondisi ini bisa dilakukan sedini mungkin.


1. Masa Menstruasi yang Lebih Lama Dibanding Biasanya

Hiperplasia Endometrium umumnya ditandai dengan semakin lamanya masa menstruasi yang Anda alami. Jika selama ini siklus menstruasi Anda termasuk normal, namun tiba-tiba saja masanya menjadi lebih panjang, sebaiknya Anda waspada akan penyakit ini. Jangan sesekali diabaikan, karena jika penebalan yang terjadi di dinding rahim tak segera diobati, bisa memicu kanker.

2. Pendarahan yang Terjadi Setelah Menopause

Memasuki masa menopause, tak ada lagi sel telur yang akan diluruhkan dari dinding rahim. Secara otomatis, Anda tak akan mengalami lagi menstruasi saat memasuki masa tersebut. Namun, jika misalnya Anda mengalami pendarahan setelah menopause, itu merupakan pertanda terganggunya kesehatan rahim. Bisa jadi, dinding rahim mengalami penebalan sehingga pendarahan pun terjadi.

3. Pendarahan Hebat Saat Menstruasi

Gejala selanjutnya dari kondisi penebalan rahim adalah terjadinya pendarahan hebat saat Anda mengalami menstruasi. Biasanya kuantitas darah yang banyak hanya terjadi pada hari-hari awal datangnya menstruasi. Namun, saat dinding rahim menebal, hampir setiap hari Anda akan mengalami pendarahan hebat. Akibatnya, Anda jadi kekurangan darah dan berisiko kelelahan.

4. Nyeri yang Tak Tertahankan di Area Kewanitaan Saat Menstruasi

Nyeri di area kewanitaan saat menstruasi, sering dikaitkan dengan salahnya cara memakai pembalut. Pembalut yang jarang diganti, membuat area kewanitaan berisiko terkena infeksi, sehingga nyeri pun menghampiri. Namun, bagaimana jika nyeri di kewanitaan tetap terjadi walau cara memakai pembalut sudah sempurna dilakukan? Bisa jadi itu merupakan pertanda dari penebalan dinding rahim.

Itulah tadi 4 ciri atau gejala saat seorang wanita mengalami penebalan di bagian dinding rahimnya. Jika penyakit ini tak segera diobati, maka bisa-bisa si wanita akan sulit untuk hamil. Parahnya lagi, kondisi ini dapat bertransformasi menjadi kanker rahim. Oleh karena itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter, saat Anda mengalami satu atau beberapa gejala di atas.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.WebLog.web.id di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar